Polemik Ganjar Pranowo Rendahkan Profesi Jurnalis, Begini Kata Najwa Shihab

Polemik Ganjar Pranowo Rendahkan Profesi Jurnalis, Begini Kata Najwa Shihab

Bakal calon presiden dari partai PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan di UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). -ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah-

Capres Ganjar Pranowo dianggap menyinggung dan merendahkan profesi MC (Master of Ceremoni) dan profesi jurnalis. 

Pernyataan Ganjar Pranowo ini saat tampil di program Mata Najwa on Stage di Kampus UGM. Jurnalis senior Najwa Shihab akhirnya angkat bicara.

Menurut Najwa, Ganjar Pranowo menjelaskan tentang pentingnya dunia pendidikan di Indonesia. Najwa mengaku tidak tersinggung dengan apa yang disampaikan Ganjar. 

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya tentang pentingnya institusi pendidikan, untuk mendapatkan orang-orang terbaik," kata Najwa di Jakarta, Kamis 21 September 2023.

BACA JUGA:

Menurut Najwa, konteks pembicaraan Ganjar adalah pentingnya dunia pendidikan diisi oleh orang-orang baik dan yang terbaik.

Sebab, hal itu akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia semakin meningkat.

Dalam program itu, Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen, bukan bekerja di bidang lain.

Dalam konteks itu, Najwa menjelaskan saat itu ia merespons pernyataan Ganjar karena ingin mengetahui yang dimaksud dari Ganjar. Sebab, pernyataan itu bisa disaklah pahami oleh publik.

BACA JUGA:

"Saya tentu perlu merespons saat itu, karena tugas jurnalis, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," katanya menegaskan.

Najwa berharap masyarakat memahami apa yang menjadi isi pembicaraan dalam program tersebut.

Serta, tidak berpolemik dengan adanya informasi yang tidak lengkap dan tidak jelas konteksnya.

"Saya senang dengan antusiasme publik terhadap berbagai isi dialog kemarin, tapi juga berharap publik jangan terjebak hanya fokus ke potongan-potongan detil dan kontroversial dari percakapan. Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagasan -gagasan atau visi programatik dari tiap bacapres," jelas Najwa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: