Batal Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, PDIP Masih Komunikasi dengan Ridwan Kamil

Batal Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, PDIP Masih Komunikasi dengan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersalaman dengan Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)-@GunRomli-Twitter

Cawapres Ganjar Pranowo - Meskipun Ridwan Kamil disebut tidak akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan komunikasi dengan RK tetap berjalan dengan baik. 

"Ya, komunikasi kan dilakukan multilevel. Pak Ridwan Kamil ini adalah sosok yang menempatkan benang merah perjuangan Bung Karno," kata Hasto ditemui di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa 19 September 2023.

Komunikasi PDIP dengan Ridwan Kamil masih berjalan karena masih ada proyek di antara kedua belah pihak.  Yakni pembangunan Patung Bung Karno.

"Dulu saya datang diundang peletakan batu pertama, pembangunan Patung Bung Karno di tempat yang sangat strategis. Setelah ini, kan, ada in-progress. Nanti, kan, ada peresmian. Jadi komunikasi tetap dijalankan," katanya.

Hanya saja, Hasto tidak bisa memastikan siapa yang akan menjadi cawapres Ganjar Pranowo  di Pilpres 2024. 

BACA JUGA:

Hasto menegaskan, cawapres Ganjar Pranowo akan ditentukan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Tapi terkait dengan siapa yang mendampingi Pak Ganjar Pranowo, itu nanti Ibu Megawati Soekarnoputri," kata dia.

Hasto menjelaskan, keluarnya nama Ridwan Kamil dalam bursa bakal cawapres Ganjar adalah karena PDI Perjuangan menghargai pilihan politik Partai Golkar untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto.

"Kalau partai itu sudah menyatakan dukungannya kepada capres tertentu, otomatis ya secara etika politik harus dihormati oleh PDI Perjuangan dan Pak Ridwan Kamil kan merupakan bagian dari Partai Golkar yang sudah mendorong calon presiden, yaitu Bapak Prabowo," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ridwan Kamil (RK) sudah tidak mungkin menjadi cawapres Ganjar Pranowo karena perbedaan koalisi.

"Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo," ujar Puan ditemui di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin (18/9).

BACA JUGA:

Puan mengatakan terdapat sejumlah nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, serta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: