Menko Airlangga: Pemerataan Pembangunan dan Peningkatan Daya Saing Bukti Nyata Program PSN

Menko Airlangga: Pemerataan Pembangunan dan Peningkatan Daya Saing Bukti Nyata Program PSN

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara Main Event Sewindu PSN: Infrastructure Forum and Edutainment Expo--ekon.go.id

BACA JUGA:

Selain itu, Pemerintah juga telah menyusun rancangan peraturan skema pembiayaan non- APBN seperti Hak Pengelolaan Terbatas (Limited Concession Scheme) dan Land Value Capture.

Mengakhiri sambutan, Menko Airlangga juga melaporkan kepada Presiden Joko Widodo mengenai 8 PSN yang telah rampung dan akan diresmikan yakni mencakup 5 proyek jalan tol, 1 proyek kawasan pariwisata, 1 proyek kawasan industri, dan 1 proyek industri katalis merah putih.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga melakukan penyerahan buku mengenai perjalanan PSN dengan tajuk “Transformasi Infrastruktur Menuju Indonesia Emas: Refleksi Pelaksanaan Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN)” kepada Presiden Joko Widodo. 

Buku tersebut juga memuat sejumlah rekomendasi yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam pembangunan infrastruktur ke depan.

Penyelenggaraan rangkaian kegiatan Sewindu PSN yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2023 ini diharapkan ini dapat menjadi reminder untuk mempercepat penyelesaian pembangunan berbagai PSN lainnya.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Wahyu Utomo pun menyebut agar seluruh pihak mulai dari sektor publik, swasta, hingga masyarakat umum diharapkan dapat terus berkolaborasi dalam mendukung percepatan realisasi PSN.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya yakni Menteri Sekretariat Negara, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Pertanian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kapolri, Panglima TNI, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kepala Badan Pangan Nasional, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Sekretaris Kementerian Kemenko Perekonomian, Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kemenko Perekonomian, Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Wakil Gubernur Jawa Timur, serta Ketua Ikatan Alumni Universitas Pajajaran. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: