Jumlah Korban Tewas Gempa Maroko Capai 2000 Orang, 1000 Lainnya Kritis

Jumlah Korban Tewas Gempa Maroko Capai 2000 Orang, 1000 Lainnya Kritis

Gempa Maroko berkekuatan magnitudo 6,9 mengakibatkan ribuan orang tewas--Antara

Korban Gempa Maroko- Sebanyak 2000 orang dilaporkan meninggal dunia dan 2000 lainnya luka-luka akibat gempa dengan kekuatan 6,8 skala richter yang melanda Maroko pada Jumat 8 September 2023 lalu. 

Pusat gempa terjadi di Al-Haouz dan provinsi Taroudant. Kementerian Dalam Negeri mengatakan, data terbaru pada Senin 11 September 2023, tercata korban meninggal mencapai 2.012 orang dan sebanyak 2.059 orang terluka Sementara itu sebanyak 1.404 berada dalam kondisi kritis.

Provinsi Al-Haouz, merupakan pusat gempaterjadi. Tercata korban meninggal di wilayanh ini mencapai 1.293 orang. Sementara di provinsi Taroudant tercatat sebanyak 452 orang meninggal.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa tersebut adalah gempa berkekuatan 6,8 skala richter pada “kedalaman dangkal” 26 km (16 mil). Kedalamannya sebelumnya dilaporkan mencapai 18 km.

Namun, pusat geofisika Maroko menyatakan gempa terjadi dengan kekuatan 7,2 skala Richter.

Gempa tersebut terasa di seluruh negeri, termasuk di provinsi Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

BACA JUGA:

Di kota pesisir Rabat, Casablanca, Agadir dan Essaouira, banyak warga yang panik turun ke jalan pada tengah malam karena khawatir rumah mereka akan runtuh.

Getaran bahkan dirasakan hingga ke Huelva dan Jaen di Spanyol selatan.

Beberapa gempa susulan dilaporkan terus terjadi. Banyak korban yang hingga saat inimasih terjebak di bawah reruntuhan rumah mereka, 

Kondisi geografis yang sulit masih menjadi tantangan untuk melakukan intervensi pencarian dan penyelamatan oleh otoritas setempat.

Yang Mulia Raja Mohammed VI telah menginstruksikan pemerintahannya untuk terus melanjutkan upaya bantuan lapangan dan memberikan perawatan kepada para korban gempa bumi.

Dia juga memobilisasi Yayasan Solidaritas Mohammed V untuk mendukung warga di daerah yang terkena dampak.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: