Gempa Maroko, Jokowi Sampaikan Belasungkawa: Doa dari Rakyat Indonesia untuk Masyarakat Maroko

Gempa Maroko, Jokowi Sampaikan Belasungkawa: Doa dari Rakyat Indonesia untuk Masyarakat Maroko

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)-Tangkapan Layar-YouTube PDI Perjuangan

Gempa Maroko - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya atas gempa bumi magnitudo 6,9 yang mengguncang Maroko.

“Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko setelah gempa tragis tersebut,” katanya melalui akun resminya di media sosial Twitter, Sabtu, 9 September 2023 malam.


Dikatakan Jokowi bahwa pikiran dan doa masyarakat Indonesia bersama para korban, keluarga korban, dan semua pihak yang terdampak bencana gempa tersebut.

Gempa dahsyat dengan kekuatan magnitudo 6,9 mengguncang Maroko pada Jumat (8/9) pukul 23.14 malam waktu setempat. Wilayah terdampak gempa, yakni Provinsi Al-Houz, Marrakech, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua, dan Taroudant.

Dilansir AFP, Minggu, 10 September 2023, setidaknya 2.012 orang dipastikan tewas. 

Sementara 2.059 orang terluka, termasuk 1.404 orang dalam kondisi kritis.

BACA JUGA:

Sebanyak 1.293 orang tewas tercatat di provinsi Al-Haouz, yang juga merupakan pusat gempa, dan 452 orang tewas di provinsi Taroudant. 

Al-Haouz dan Taroudant adalah dua wilayah yang paling parah terkena dampak gempa.

Gempa tersebut merupakan gempa terkuat yang pernah melanda negara di Afrika Utara itu dalam satu abad terakhir, kata Institut Geofisika Nasional Maroko.

Dikutip dari laporan Anadolu, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat pusat gempa berada 75 kilometer sebelah tenggara Marrakesh pada kedalaman 18,5 km.

Sejumlah video yang beredar di media sosial menangkap kondisi sesaat setelah gempa dan menunjukkan warga tumpah ruah ke jalan.

Situasi sangat mengerikan disebut terjadi di wilayah Marrakesh di mana banyak bangunan dilaporkan runtuh dan penduduk terjebak di bawah puing-puing.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: