Fakta-Fakta Gempa Bumi Maroko Berkekuatan 6,9 Magnitudo, Gempa Terbesar Sepanjang Sejarah

Fakta-Fakta Gempa Bumi Maroko Berkekuatan 6,9 Magnitudo, Gempa Terbesar Sepanjang Sejarah

Gempa bumi berkekuatan 6,9 magnitudo terjadi di Maroko. -X @rachelhalinasor-

Gempa Bumi Maroko - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan analisis gempa bumi berkekuatan 6,9 magnitudo (M) yang terjadi di Maroko pada Sabtu pukul 05.10 WIB.

  • Gempa Bumi Maroko berkekuatan 6,9 magnitudo merupakan yang terbesar yang pernah terjadi di Maroko.
  • Gempa tersebut merupakan merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di Zona Pegunungan Atlas, Maroko.
  • Episenter gempa ini terletak pada koordinat 31.01° lintang utara dan 8.46° bujur barat, tepatnya di darat dengan kedalaman hiposenter sangat dangkal, yakni pada 28 kilometer.
  • Gempa berkekuatan M 6,9 ini merupakan gempa utama (mainshock) dan yang terbesar dalam catatan sejarah yang pernah terjadi di Maroko. 
  • Laporan terkini menunjukkan bahwa gempa tersebut menimbulkan kerusakan dengan korban jiwa meninggal.
  • Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di Zona Pegunungan Atlas, Maroko. 
  • Morfologi jalur pegunungan ini berarah Barat daya -Timur laut, dari Agadir hingga Aït Ahmadou Haddou, Maroko.
  • Hasil analisis mekanisme sumber yang dilakukan BMKG menunjukkan gempa memiliki mekanisme sumber pergerakan naik (thrust fault).
  • Hal ini mencerminkan adanya gaya tekan (compressional) yang terjadi pada zona tektonik sumber gempa tersebut.
  • Gempa ini terjadi di wilayah jalur sumber gempa sesar aktif yang sudah terpetakan.
  • Zona ini dikenal dengan riwayat kegempaan yang relatif rendah.
  • Gempa tersebut berdampak sangat merusak mencapai skala intensitas VII - IX MMI hingga menimbulkan kerusakan dan korban jiwa meninggal di Kota Tua Marrakesh yang  merupakan kota terbesar keempat di Maroko yang merupakan salah satu pusat populasi paling besar.
  • Marrakesh mengalami kerusakan paling parah karena dekat sumber gempa.
  • Banyak keberadaan bangunan-bangunan tua yang rentan runtuh akibat guncangan gempa karena kondisi strukturnya yang sudah lemah.
  • Kota-kota besar terdampak guncangan gempa cukup kuat di sekitar Marrakesh adalah Ouarzazate, Essaouira, Safi, Agadir, Casablanca dan Errachidia. 
  • Tidak hanya di Maroko, gempa kerak dangkal ini guncangannya dirasakan di wilayah sangat luas, termasuk negara tetangga, seperti Portugal, Spanyol dan Aljazair.

Gempa Marrakesh dengan magnitudo Mw6,9 yang menelan korban jiwa ini, mengingatkan kita pada peristiwa gempa dahsyat yang mengguncang Agadir, Maroko dengan magnitudo Mw5,8 pada 29 Februari 1960. 

Meskipun magnitudo gempanya relatif kecil, gempa merusak Agadir menewaskan lebih dari 10.000 orang, dan menjadi gempa paling mematikan dalam sejarah Maroko.

Gempa Marrakesh Mw6,9 yang terjadi saat ini berdasarkan magnitudonya sebanding dengan gempa merusak bersejarah yang menghancurkan kota Meknes dengan magnitudo Mw6,5-7,0 yang terjadi pada 27 November 1755.

Gempa ini menewaskan ribuan orang, karena melanda wilayah pegunungan dengan banyak sebaran permukiman pedesaan dan kota-kota kecil yang memiliki banyak bangunan rentan dengan struktur lemah. 

Selain itu, gempa kuat ini terjadi pada malam hari pukul 23.00 waktu setempat, saat seluruh warga sedang tinggal di rumah.

Hingga pukul 16.25 WIB sore ini, hasil monitoring menunjukkan telah terjadi beberapa kali aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan satu kali gempa susulan signifikan dengan magnitudo M4,9 pada pukul 05.30WIB yang dirasakan dalam skala intensitas VI MMI.

Korban Tewas Gempa Bumi Maroko 820 Orang

Gempa Bumi Maroko - Korban meninggal dunia Gempa bumi Maroko dikabarkan bertambah menjadi 820 orang. 

Tercatat, ada 972 korban luka-luka akibat gempa bumi Maroko tersebut. 

DIketahui, gempa dahsyat berkekuatan 7 magnitudo mengguncang Maroko pada Jumat 8 September 2023 pukul 23.14 waktu setempat. 

Wilayah terdampak gempa bumi Maroko, yakni Provinsi Al-Houz, Marrakech, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Maroko mengumumkan bahwa hingga pukul 02.00 waktu setempat, Sabtu, jumlah korban tewas mencapai 296 orang.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha menjelaskan, belum ada laporan mengenai warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban gempa bumi Maroko.

Tidak ada informasi adanya korban WNI, kata Judha saat menyampaikan tentang kondisi WNI pascagempa bumi Maroko, Sabtu 9 September 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: