Ketum PBNU: Capres Cawapres Jangan Bawa NU untuk Memenuhi Ambisi Pribadi

Ketum PBNU: Capres Cawapres Jangan Bawa NU untuk Memenuhi Ambisi Pribadi

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (2/9/2023).--

Capres Cawapres Jangan Bawa NU - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya berpesan kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk tidak mengatasnamakan Nahdlatul Ulama (NU) di Pilpres 2024. 

“Jangan ada calon mengatasnamakan NU. Kalau ada calon mengatasnamakan (NU), kredibilitasnya atas nama perilakunya sendiri-sendiri, bukan atas nama NU,” ujar Gus Yahya, Sabtu 2 September 2023. 

Gus Yahya melanjutkan, secara struktural, NU termasuk para kiai NU tidak akan memberikan dukungan kepada calon tertentu. 

Sehingga, jika ada klaim kiai NU merestui pasangan capres cawapres adalah tidak benar.

Bahkan, Gus Yahya mengatakan jika selama ini tidak pembicaraan soal capres cawapres dengan NU. 

“Kalau ada klaim, kiai-kiai NU merestui, itu sama sekali tidak betul. Selama ini tidak ada pembicaraan terkait calon presiden atau wakil presiden,” katanya.

BACA JUGA:

Gus Yahya menegaskan, jika memang ada warga NU yang mencalonkan diri menjadi capres cawapres, silakan berjuang lewat partai politik dan bukan lewat NU. 

“Orang tahu NU ini punya warga banyak sekali. Survei Alvara 52,9 persen populasi muslim Indonesia mengaku NU,” jelas Gus Yahya.

Gus Yahya menegaskan, saat ini warga NU sudah sangat cerdas sehingga tidak bisa lagi ditarik-tarik untuk memenuhi ambisi calon tertentu.

“Pola pikir NU ini dulu dianggap kayak kebo (kerbau). Ini menghina sekali, padahal warga NU ini sudah cerdas, mereka sudah bisa menilai orang. Kami tidak mau NU ini dicocok-cocok hidungnya dibawa ke sana ke mari,” tambahnya.

Gus Yahya juga memastikan bahwa keputusan Muktamar NU, sebagai lembaga tidak akan ikut dukung mendukung dan juga tidak akan jadi kompetitor dalam politik.

Sebelumnya, Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, deklarasi Anies dan Muhaimin akan dilaksanakan secara sederhana, namun syarat akan makna. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: