Haryono Edi Hermawan, Akademisi Sekaligus Pengusaha yang Peduli Generasi Pribumi Indonesia

Haryono Edi Hermawan, Akademisi Sekaligus Pengusaha yang Peduli Generasi Pribumi Indonesia

Haryono Edi Hermawan, Akademisi Sekaligus Pengusaha yang Peduli Generasi Pribumi Indonesia--

Haryono Edi Hermawan - Sebagai akademisi sekaligus pengusaha tersemat pada sosok Dr. H. Haryono Edi Hermawan, SE., MM. Pria ramah yang tercatat sebagai dosen di beberapa kampus ini juga memiliki sejumlah kegiatan usaha.

Kepiawaiannya dalam mengelola usaha, membuat dirinya memiliki banyak relasi dan sangat disenangi oleh siapa saja.

Di bidang akademik, kendati sudah meraih gelar akademik tertinggi yakni Doktor (Dr), dirinya saat ini masih bersemangat untuk mendapat jabatan akademik yakni sebagai Guru Besar atau Professor (Prof) di salah satu perguruan tinggi.

Segala persyaratan untuk mempersipakan menjadi Guru Besar itu sedang dilakukannya. Adapun tim penyusun persyaratan Guru Besar di antaranya yaitu Dr. Sutarman, ST., S.Kom., MM., MPD., dan Slamet Riyanto, SP., ST., MM.

Haryono yang merupakan sosok politisi santun ini menilai, dirinya merupakan anggota profesi dosen, seperti seorang ilmuwan, peneliti, atau cendikiawan. Sehingga harus memiliki peran dan kontribusi untuk mencerdaskan generasi muda terutama generasi pribumi Indonesia melalui Perguruan Tinggi.

Ia menegaskan, bahwa akademisi sebagai bagian dari pembangunan bangsa yang memiliki peran vital. Sebagai sumber daya manusia (SDM) yang andal dan terampil, akademisi juga berperan untuk membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan-kebijakan dalam pembangunan. 

BACA JUGA:

"Sebagai komponen yang independen untuk mengawasi setiap kebijakan dan pelaksanaan dalam pembangunan. Peran akademisi untuk pembangunan bangsa masih dibutuhkan," tuturnya saat ditemui di kediamannya di bilangan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Akademisi dapat memetakan dan merencanakan arah perguruan tinggi ke depan (Renstra). Sehingga ilmu bermanfaat bagi pembangunan. 

Akademisi mampu mencetak mutu lulusan yang siap dalam dunia kerja yang handal yang dibutuhkan dalam mengisi pembangunan. 

Dalam  mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, perguruan tinggi mencetak segala ilmu dan keterampilan yang diperlukan di lapangan sebagai solusi dari persoalan yang dihadapi oleh pemerintah. 

Peran aktif akademisi juga dibutuhkan dalam mengawasi terlaksananya program-program pemerintah yang dapat memastikan program berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. 

Agar mendapatkan manfaat dari mutu lulusan perguruan tinggi, supaya bisa diaplikasikan sesuai dengan program-program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga bermanfaat dan bisa dirasakan bagi masyarakat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: