Politikus Demokrat Sebut Jokowi Gak Tahu Diri, Sidang Tahunan Kenegaraan kok Curhat: Gak Tahu Malu, Kami Muak!

Politikus Demokrat Sebut Jokowi Gak Tahu Diri, Sidang Tahunan Kenegaraan kok Curhat: Gak Tahu Malu, Kami Muak!

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu 12 Agustus 2023.--

Namun, Jokowi kali ini curhat ke rakyat tentang sopa santun dan adab. 

"Di kepimimpinan anda lah lahir UU Minerba, UU Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU KPK, dimana, semua UU tersebut, banyk rakyat yang menolaknya namun tak satupun suara penolakan tersebut anda dengarkan. Lalu, di Pidato Kenegaraan anda curhat, ingin dpt simpati rakyat? Gak tau diri," tulis Hasbil. 

Curhat menurut Hasbil, yakni terkait pengakuan Jokowi yang mengatakan banyak mendengar pihak-pihak menyebutnya dengan sebutan tolol, bodoh hingga firaun. 

"Saya tahu ada yang mengatakan saya ini bodoh, plonga-plongo, tidak tahu apa-apa, Fir'aun, tolol. Ya ndak apa, sebagai pribadi saya menerima saja," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan itu dalam pidato kenegaraan pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD RI tahun 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2023.

Namun, Jokowi mengaku sedih karena budaya kesantunan yang selama ini dianut Indonesia sudah mulai ditinggalkan.

 "Tapi yang membuat saya sedih budaya santun, budi pekerti luhur bangsa ini, kok kelihatannya mulai hilang? Kebebasan dan demokrasi digunakan untuk melampiaskan kedengkian dan fitnah," ucap Jokowi. 

Jokowi menyebut, cemoohan itu seperti polusi yang menghancurkan sopan santun dan budi pekerti bangsa. 

"Polusi di wilayah budaya ini sangat melukai keluhuran budi pekerti bangsa Indonesia," ujar Jokowi. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: