Profil dan Biodata Ismail Thomas, Kader PDIP yang Jadi Tersangka oleh Kejagung

Profil dan Biodata Ismail Thomas, Kader PDIP yang Jadi Tersangka oleh Kejagung

Ismail Thomass--

Ismail Thomas- Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, menetapkan Ismail Thomas, anggota Komisi I DPR RI, sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen terkait tambang.

Jadi tersangka, Ismail Thomas langsung ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba Cabang Kejagung terhitung dari tanggal 15 Agustus sampai 3 September 2023.

"Bahwa pada hari ini, Selasa, 15 Agustus 2023, tim Penyidik Kejaksaan Agung Jampidsus telah melakukan penetapan status tersangka dan sekaligus penahanan terhadap tersangka dengan inisial IT, anggota Komisi I DPR RI atau Bupati Kutai Barat periode 2006-2016," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana di Gedung Bundar, Jakarta, Selasa malam15 Agustus 2023.

Ketut menjelaskan Ismail Thomas ditetapkan sebagai tersangka atas perannya dalam perkara pemalsuan dokumen-dokumen terkait perizinan pertambangan yang digunakan untuk kepentingan persidangan.

BACA JUGA:

"Ini terkait dengan perkara PT Sendawar Jaya. Jadi, posisi kasusnya tadi," ujar Ketut.

Profil Ismail Thomas

Ismail Thomas lahir pada 31 Januari 1955. Saat ini dia menjabatan sebagai Anggota Komiwi IV DPR RI (2019-2024) dari PDI-Perjuangan. 

Thomas pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kutai Barat selama 2 periode yaitu dari tahun 2006 sampai tahun 2016.

Selama Menjabat sebagai Bupati, Beliau selalu berpasangan dengan wakil bupati, H. Didik Effendi, S.Sos. 

Setelah memperoleh suara terbanyak pada pilkada 2006 dan terpilih menjadi bupati Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2006. 

Dan kembali melanjutkan Periode kedua dalam pemerintahannya sebagai Bupati setelah memenangkan Pilkada Kabupaten Kutai Barat untuk masa jabatan 2011 - 2016.

BACA JUGA:

Ismael Thomas mempunyai seorang istri bernama Lucia Mayo yang juga seorang Wakil Rakyat di DPRD Kabupaten Kutai Barat dari PDI-Perjuangan masa jabatan 2009 - 2014 yang tahun 2011 di gantikan oleh Hilarion, S.Pd, mantan perawat di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Mereka dikaruniai 2 orang anak, yakni: 

- Alexander Edmond, ST

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: