Cawapres Prabowo Subianto Tunggu Putusan MK, Antara Gibran Rakabuming atau Erick Thohir

Cawapres Prabowo Subianto Tunggu Putusan MK, Antara Gibran Rakabuming atau Erick Thohir

Menhan Prabowo Subianto, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir di Malang, Jawa Timur --Youtube Sekretariat Presiden

Cawapres Prabowo Subianto - Siapa sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang masih menjadi tanda tanya. 

Pengamat politik Panji Suminar mengatakan, ada dua sosok cawapres yang kemungkinan besar dipilih Prabowo, yakni Erick Thohir dan Gibran Rakabuming. 

Erick Thohir berpeluang besar menjadi cawapres Prabowo Subianto jika Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan perubahan syarat usia capres-cawapres menjadi minimal 35 tahun.

"Kalau MK mengabulkan maka, cawapres-nya ya Gibran Rakabuming Raka, sesuai dinamika yang berkembang, banyak yang menyodorkan dan Prabowo Subianto pun menginginkan itu. Namun kalau MK menolak, maka Erick Thohir berpeluang besar," katanya, Selasa 15 Agustus 2023.

Panji mengatakan, sosok Erick Thohir nantinya diprediksi akan mendapatkan restu dari Jokowi untuk berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Prabowo tentu memilih orang yang mendapat restu dari Jokowi, karena menginginkan dukungan dari simpatisan dan loyalis Jokowi yang saat ini masih begitu besar," kata dia lagi.

BACA JUGA:

Menurut dia hal itu dapat dilihat dari Prabowo memilih Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres karena ingin mendapatkan dukungan dari Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2024

"Oleh karena itu, kalau Gibran tidak bisa maju karena syarat usia tidak terpenuhi, maka Prabowo tentu memilih orang yang mendapat restu dari Jokowi. Erick Thohir lah yang paling berpeluang, sosok Erick Thohir memiliki kekuatan massa baik dia sebagai menteri saat ini maupun Ketua PSSI," kata Panji.

Selain itu, sosok Erick Thohir juga memiliki dukungan finansial yang lebih baik dari sejumlah nama-nama lain yang muncul sebagai bakal calon wakil presiden yang bisa digandeng Prabowo.

"Erick Thohir juga Nahdlatul Ulama kultural meski tidak terlalu menonjol NU-nya selama ini, Erick Thohir juga punya basis massa di luar Jawa. Kalau jadi dipilih maka tinggal mendongkrak elektabilitas Erick Thohir,” ujar Panji.

Sebelumnya, Setelah bergabungnya Partai Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, giliran Prabowo Subianto menentukan calon wakil presiden (cawapres).

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam mengatakan, bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menghadapi tantangan dalam menentukan cawapres. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: