News

Prabowo Subianto Puyeng Pilih Cawapres, PKB Golkar dan PAN Siapa yang Mau Mengalah?

fin.co.id - 2023-08-15 19:27:58 WIB

PAN, PKB, GOLKAR dan GERINDRA deklarasi dukung Prabowo Subianto

Cawapres Prabowo Subianto -  Setelah bergabungnya Partai Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, giliran Prabowo Subianto menentukan calon wakil presiden (cawapres).

Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam mengatakan, bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto menghadapi tantangan dalam menentukan cawapres. 

"Permasalahannya di koalisi Gerinda ini masing-masing mengusulkan cawapresnya, PAN mengusung Erick Thohir, Golkar mengusung Airlangga Hartarto, dan PKB sejak awal mengusulkan Cak Imin atau Muhaimin Iskandar," kata Surokim, Selasa 15 Agustus 2023.

Prabowo Subianto, kata Surokim, harus bisa meredam ego masing-masing partai agar kondisi internal KKIR bisa kondusif dan tidak memunculkan polemik menjelang ajang pemilihan kepala negara.

Sebab, tiga partai di dalam KKIR sama-sama memiliki hasrat untuk memasang tokohnya masing-masing sebagai wakil presiden.

"Apakah Pak Airlangga (Ketua Umum Golkar) ikhlas? Cak Imin (Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar) yang sejak awal ngebet menjadi wapres juga akan ikhlas? Tidak mudah karena sama-sama punya hasrat," ucapnya.

BACA JUGA:

Menurutnya, Prabowo Subianto akan membutuhkan waktu meyakinkan partai koalisi terkait penentuan bakal calon wakil presiden yang nantinya akan mendampinginya maju di Pilpres 2024.

"Siapa yang akan dimajukan sebagai wapres tidak mudah. Pak Prabowo dapat dukungan, tetapi konteks memilih wapres puyeng juga," ujarnya.

Tak hanya itu, Prabowo juga masih harus melihat rekam jejak masing-masing bakal calon wakil presiden yang diajukan oleh setiap partai di KKIR.

"Melihat komposisi koalisi seperti ini, tokoh yang akhirnya bisa diterima oleh semua pihak dan oleh semua koalisi itu yang punya potensi untuk bisa diterima dan maju, makanya tidak gampang," kata Surokim.

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar. Berbeda dengan PPP yang mengusung Ganjar Pranawo, anggota KIB, Golkar dan PAN justru mengusung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Golkar, PAN, dan PKB sepakat dengab Partai Gerindra berkoalisi mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres pada Pemilu 2024.

 

Tanda tangan kerja sama politik serta deklarasi capres Prabowo Subianto dilaksanakan di Museum Naskah Proklamasi di Jakarta Pusat, Minggu, 13 Agustus 2023.

Admin
Penulis