Pernah Krisis Keuangan di 2008, Irlandia Jadi Negara Terkaya di Dunia Tahun Ini

Pernah Krisis Keuangan di 2008, Irlandia Jadi Negara Terkaya di Dunia Tahun Ini

Negara Terkaya di Dunia, Irlandia, Image: Luciann Photography / Pexels--

Negara Terkaya di Dunia - Apakah kamu pernah mendengar bahwa Irlandia adalah negara terkaya di dunia? Ya, itu benar. 

Menurut Global Finance, sebuah majalah bisnis dan keuangan internasional, Irlandia memiliki produk domestik bruto (PDB) per kapita tertinggi di dunia pada tahun 2023, yaitu sekitar 115.000 dolar AS. 

Ini artinya, rata-rata pendapatan per orang di Irlandia lebih tinggi daripada di negara-negara lain, seperti Qatar, Singapura, Swiss, atau Amerika Serikat.

Tapi, bagaimana bisa Irlandia menjadi negara terkaya di dunia? Bukankah Irlandia adalah salah satu negara yang paling terpukul oleh krisis keuangan global pada tahun 2008? 

Bagaimana mereka bisa bangkit dari keterpurukan dan mencapai kemakmuran yang luar biasa? Jawabannya adalah reformasi. 

Irlandia melakukan reformasi ekonomi yang sulit namun berhasil, seperti mengurangi gaji pegawai negeri, menata ulang industri perbankan, dan meningkatkan investasi asing. 

Akibatnya, Irlandia berhasil memulihkan kesehatan fiskalnya, meningkatkan tingkat lapangan kerja, dan menumbuhkan PDB per kapitanya secara pesat.

Namun, konteks juga penting. Irlandia adalah salah satu surga pajak korporasi terbesar di dunia, yang lebih menguntungkan perusahaan multinasional daripada rakyat Irlandia sendiri. Pada pertengahan tahun 2010-an, banyak perusahaan besar AS seperti Apple, Google, Microsoft, Meta dan Pfizer, memindahkan domisili fiskalnya ke Irlandia untuk memanfaatkan tarif pajak korporasi yang rendah di sana, yaitu hanya 12,5%, salah satu yang terendah di dunia maju. 

Pada tahun 2022, perusahaan-perusahaan multinasional ini menyumbang sekitar 56% dari total nilai tambah ekonomi Irlandia, naik dari 53% pada tahun 2021. Meskipun begitu, Irlandia berencana untuk menyesuaikan tarif pajak korporasi minimumnya dengan standar global sebesar 15% pada tahun 2024.

Meskipun keluarga-keluarga di Irlandia pasti lebih sejahtera daripada sebelumnya, pendapatan nasional per kapita yang dapat dibelanjakan oleh rumah tangga masih sedikit lebih rendah daripada rata-rata UE menurut data dari OECD. 

Dengan kesenjangan yang cukup besar antara orang kaya dan miskin (20% penduduk teratas menghasilkan hampir lima kali lipat dari 20% penduduk terbawah), kebanyakan warga Irlandia mungkin akan menolak gagasan bahwa mereka tidak hanya kaya tetapi paling kaya di dunia.

Nah, itu dia artikel singkat tentang negara terkaya di dunia 2023. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang ekonomi global. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: