Selamat Hari Pramuka, Ini Sejarah Lahirnya Hari Pramuka

Selamat Hari Pramuka, Ini Sejarah Lahirnya Hari Pramuka

Pramuka-www.youtube.com @lampahing ati-www.youtube.com @lampahing ati

Hari Pramuka - Hari Pramuka Indonesia diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Tapi tahukah kalian sejarah lahirnya Hari  Pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus ini?

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, disebutkan bahwa Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) diperkenalkan kali pertama kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961.

Saat itu di Jakarta sekitar 10.000 anggota Pramuka mengadakan apel besar yang diiringi pula dengan kegiatan pawai tentara di depan Presiden Soekarno. 

Sebelum kegiatan pawai tentara, Presiden Soekarno melantik anggota Mapinas, Kwarnas, dan Kwarnari, di Istana negara. 

Tak hanya itu, Presiden juga menyampaikan anugerah tanda penghargaan serta kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961).

Sejarah Hari Pramuka di Indonesia diawali dengan munculnya cabang milik Belanda dengan nama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada 1912. 

BACA JUGA:

Dirangkum dari laman Museum Sumpah Pemuda, pada 1916 organisasi tersebut berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP). 

Pada tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).  

Lahirnya JPO berdampak munculnya gerakan nasional lainnya dengan membuat organisasi sejenis. 

Organiasai kepemudaan itu di antaranya Hizbul Wahton (HM), JJP (Jong Java Padvinderij), Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), dan Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS).  

Namun, semakin banyak organisasi pramuka milik Indonesia, Belanda melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda menggunakan istilah Padvinder.  

Karena itulah, KH Agus Salim memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” untuk organisasi Kepramukaan Indonesia. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: