Klasemen Liga 1 2023/2024 Pekan ke-7, Klub Legendaris Terprosok di Dasar Klasemen

Klasemen Liga 1 2023/2024 Pekan ke-7, Klub Legendaris Terprosok di Dasar Klasemen

Persita Vs Rans Nusantara FC Pada Pekan Ketiga Liga 1 Indonesia. --Rikhi Ferdian Untuk FIN

 

Klasemen Liga 1 - Klasemen Liga 1 2023/2024 pekan ketujuh menemui banyak kejutan. Panas di 10 besar dan terpuruknya tim-tim legendaris di papan bawah.

 

Puncak klasemen Liga 1 diduduki oleh Madura United. Laskar Sappe Kerab memiliki poin yang sama dengan Barito Putera dengan koleksi 31 poin.

Padahal saja, Madura United harus menelan kekalahan ajaib dari RANS Nusantara FC. Mereka kalah 1-3 namun masih bisa bertengger di puncak klasemen.

Kemenangan RANS Nusantara FC atas Madura United juga kejuatan. Pasalnya The Phoenix tidak masuk dalam daftar tim favorit juara, mengingat pencapaiannya musim lalu yang tak mentereng.

Tentu saja ini menjadi catatan positif bagi RANS Nusantara FC musim ini. Karena jika konsisten, bisa saja klub milik Raffi Ahmad itu menjadi kandidat juara musim ini menggeser klub-klub legendaris seperti eks Perserikatan ataupun Galatama yang kerap mendominasi kompetisi.

Favorit juara, Persija Jakarta gagal memenangkan pertandingan pekan ketujuh melawan Borneo FC. Bertanding di kandang sendiri, Macan Kemayoran main imbang 1-1 lawan Pesut Etam.

Hasil imbang ini membuat Persija mengoleksi 12 poin dan gagal mengkudeta Madura United di puncak klasemen. Pasalnya, jika menang, Persija bisa meraih posisi puncak tapi karena hasil ini, harapan Jakmania bisa menyaksikan Persija berada di puncak harus pupus sementara.

Sedangkan Barito Putera sukses menempel Madura United usai mengalahkan Dewa United 2-1 sehingga poinnya sama dengan Madura United dan berada di peringkat kedua.

Yang paling mengenaskan adalah ada tim legendaris yang kini terpuruk di papan bawah. Arema FC harus berada di dasar klasemen Liga 1.

Singo Edan harus rela dihantam PSIS Semarang 0-2. Kekalahan tersebut melengkapi penderitaan Arema yang tanpa kemenangan dalam lima pertandingan terakhir.

Persib Bandung juga berada di zona degradasi, yakni di posisi 16. Maung Bandung kalah 1-2 dari Persis Solo di Stadion Manahan yang merupakan kandang Laskar Sambernyawa.

Satu lagi klub favorit berada di zona merah alias zona degradasi, yakni Bhayangkara FC. The Guardian tidak dalam performa terbaiknya di awal musim ini.

Sani Rizky Fauzi dkk pada pekan ketujuh kalah 1-2 dari Persebaya Surabaya di Stadion Patriot, Bekasi. Padahal, Bhayangkara FC pada pekan sebelumnya berhasil memang 1-0 atas Persita di Tangerang.

Persaingan 10 besar memanas karena koleksi poin pemucak klasemen Liga 1 hanya berselih tiga poin saja dengan Persita Tangerang yang ada di posisi ke-10.

Perubahan posisi pada pekan selanjutnya sangat rentan terjadi karena poin-poinnya yang tipis. Sekali tergelincir saja, dipastikan posisi tim akan turun dan bahkan bisa merosot tajam.

Klasemen Liga 1 hingga Pekan ke-7

  1. Madura United (13)
  2. Barito Putera (13)
  3. Persija Jakarta (12)
  4. Rans Nusantara (12)
  5. Bali United (11)
  6. PSIS Semarang (11)
  7. PSM Makassar (11)
  8. Dewa United (11)
  9. Borneo FC (10)
  10. Persita Tangerang (10)
  11. Persis Solo (9)
  12. PSS Sleman (9)
  13. Persikabo Bogor (8)
  14. Persik Kediri (8)
  15. Persebaya Surabaya (8)
  16. Persib Bandung (7)
  17. Bhayangkara FC (4)
  18. Arema FC (2)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Vitalis Yogi T.

Tentang Penulis

Sumber: