Henri Subiakto Bilang Anies Bisa Dulang Suara NU Jika Gandeng Yenny Wahid sebagai Cawapres

Henri Subiakto Bilang Anies Bisa Dulang Suara NU Jika Gandeng Yenny Wahid sebagai Cawapres

Anies Baswedan dan Yenny Wahid-Dewa Ketut sudiarta Wiguna-ANTARA

Putri Gus Dur Yenny Wahid mengaku punya kedekatan khusus dengan calon presiden Anies Baswedan. Pernyataan ini dinilai sebagai sinyal Yenny untuk menjadi cawapres Anie Baswedan. 

Menurut Guru Besar Universitas Airlangga Henri Subiakto, Yenny Wahid bisa menguntungkan Anies Baswedan karena mempunyai basis dukungan dari kalangan Nahdatul Ulama (NU) dan Gusdurian.

"Mbak Yeni itu punya banyak pendukung. Kekuatan Gus Durian di NU cukup besar yang loyal ke Yeni Wahid. Kalau sukses menggandengnya bisa jadi pull faktor yang membawa suara pemilih pada pasangan yang didukung putri Gus Dur ini ke Anies," ujar Henri Subiakto lewat keterangan tertulis, Rabu 9 Agustus 2023. 

Namun persoalanya, menurut Henri Subiakto, Partai Demokrat yang selalam ini mengharapkan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Anies, menerima atau tidak.

"Apa partai Demokrat bisa menerima, jika AHY yang sudah sejak awal disodorkan dan menyiapkan diri sebagai Cawapres Anies ditinggalkan diganti figur lain? Apa partai Demokrat tidak merasa diremehkan dan dibiarkan losing face karena jagoannya gak kepakai sebagai cawapres?," kata Henri Subiakto. 

BACA JUGA:

Dia melanjutkan, jika Partai Demokrat merasa dirugikan, tentu akan berpikir ulang dengan tetap bertahan di koalisi perubahan atau tetap bertahan,

"Jika Partai Demokrat pergi, maka jumlah persyaratan untuk mengusung capres bisa tidak memenuhi 20%. Kecuali ada partai lain yang setara menggantikan dukungan ke koalisi perubahan," tutur Henri. 

"Tanpa AHY jadi cawapres yang banyak dapat ekorjas, dari koalisi partai pendukung Anies ini adalah PKS di banding Demokrat maupun Partai Nasdem. Hal begini pasti dihitung," sambungnya. 

Henri Subiakto menjelaskan, ceruk konstituen oposan terhadap Pemerintah Jokowi inilah yang sedang diperebutkan 3 Partai pendukung Anies.  Namun ada Partai besar lain lagi yang juga ikut berebut di ceruk Jokowi ini, yaitu Gerindra.

Henri mengatakan, Gerindra di lain isis mendukung Pemerintah, tetapi juga memainkan memainkan beberapa tokohnya untuk dapat dukungan dari masa oposisi, yang sejak lama tidak menyukai Jokowi. Salah satu tokoh yang dimunculkan adalah Rocky Gerung.

BACA JUGA:

"Disitulah peran Rocky dan kawan kawan “sekolam”nya bertugas bermanuver menarik simpati mereka," katanya.

Menurutnya, Rocky Gerung dimainkanoleh Gerinda untuk menarik suara dari pendukung Anie Baswedan ke Prabowo Subianto.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: