Polisi Bersepatu Injak Tempat Salat Masjid Raya Sumbar, Pengurus Masjid Buka Suara Lantang

Polisi Bersepatu Injak Tempat Salat Masjid Raya Sumbar, Pengurus Masjid Buka Suara Lantang

Tangkapan layar polisi bersepatu injak tempat salat--ist

Masjid Raya Sumbar - Viral video anggota polisi bersepatu menginjak tempat salat di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar).

Peristiwa polisi bersepatu injak tempat salat Masjid Raya Sumbar terjadi pada Sabtu, 5 Agustus 2023, saat adanya aksi unjuk rasa.

Menanggapi video viral tersebut pengurus Masjid Raya Sumbar buka suara dengan lantang.

Pengurus Harian Masjid Raya Sumbar Rizardi Maarif menegaskan bahwa polisi bersepatu di Masjid Raya tidak menginjak tempat salat.

Dia mengatakan polisi bersepatu yang viral di media sosial tersebut berada di lokasi bawah masjid.

Lokasi tersebut merupakan aula untuk perkumpulan dan pertemuan.

BACA JUGA:

"Jadi kita menaruh mereka (masyarakat) tidur di lantai saja kan tidak bagus juga, makanya diberi alas karpet. Jadi bukan tempat salat, itu tempat pertemuan," katanya, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sebelumnya Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memastikan tidak ada anggotanya yang menginjak tempat ibadah salat di Masjid Raya Sumbar saat pengawalan aksi unjuk rasa masyarakat asal Pigogah Patibubur, Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat.

"Terkait video yang beredar bahwa personel masuk ke area suci Masjid Raya Sumbar itu tidak benar, karena lokasi tersebut adalah tempat yang digunakan masyarakat untuk tidur," katanya.

Dijelaskannya,  lokasi yang dipakai oleh masyarakat untuk tidur tersebut bukanlah area suci untuk tempat salat, melainkan aula tempat pertemuan dan pelaksanaan kegiatan oleh pemerintah provinsi.

"Jadi tempat itu merupakan aula pertemuan, bukan area suci seperti yang dinarasikan secara luas. Bahkan masyarakat yang masuk ke sana juga dengan sandal dan alas kaki," jelasnya.

Oleh karenanya, ia meluruskan simpang siur video yang beredar yang menyebutkan bahwa polisi menginjak tempat ibadah, sebab itu adalah lantai dasar dan bukan tempat ibadah.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: