Agama Irjen Pol Suharyono, Kapolda Sumbar yang Anak Buahnya Injak Tempat Salat Masjid Raya Sumbar

Agama Irjen Pol Suharyono, Kapolda Sumbar yang Anak Buahnya Injak Tempat Salat Masjid Raya Sumbar

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono. ANTARA/HO Polda Sumbar--

Agama Irjen Pol Suharyono - Nama Irjen Pol Suharyono tiba-tiba menjadi pembahasan publik dua hari belakangan. 

Penyebabnya, karena anggota polisi anak buah Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Surharyono itu terekam video menginjak injak tempat salat di Masjid Raya Sumbar dengan menggunakan sepatu.

Peristiwa anak buah Irjen Pol Suharyono menginjak tempat salat Madjis Raya sumbar itu terjadi saat pengamanan aksi unjuk rasa.

Namun, peristiwa tersebut langsung dibantah Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.

Dia menegaskan tidak ada anggotanya yang menginjak tempat ibadah salat di Masjid Raya Sumbar saat pengawalan aksi unjuk rasa di Padang, Sabtu, 5 Agustus 2023 sore.

"Terkait video yang beredar bahwa personel masuk ke area suci Masjid Raya Sumbar itu tidak benar, karena lokasi tersebut adalah tempat yang digunakan masyarakat untuk tidur," katanya dikutip didampingi pengurus Masjid Raya Sumbar, Sabtu, 5 Agustus 2023.

BACA JUGA:

Dia menjelaskan,  lokasi yang dipakai oleh masyarakat untuk tidur tersebut bukanlah area suci untuk tempat salat, melainkan aula tempat pertemuan dan pelaksanaan kegiatan oleh pemerintah provinsi.

"Jadi tempat itu merupakan aula pertemuan, bukan area suci seperti yang dinarasikan secara luas. Bahkan masyarakat yang masuk ke sana juga dengan sandal dan alas kaki," jelasnya.

Senada disampaikan Pengurus Harian Mesjid Raya Sumbar Rizardi Maarif, bahwa lokasi di bawah mesjid merupakan sebuah aula untuk perkumpulan.

"Jadi kita menaruh mereka (masyarakat) tidur di lantai saja kan tidak bagus juga, makanya diberi alas karpet. Jadi bukan tempat shalat, itu tempat pertemuan," jelasnya.

Agama dan Profil Irjen Pol Suharyono

Untuk diketahui, Irjen Pol Suharyono menjabat sebagai Kapolda Sumbar menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa yang terjerat kasus narkoba.

Irjen Pol Suharyono resmi menjabat sebagai Kapolda Sumbar usai dilantik Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit per 14 Oktober 2022.

Sosok Irjen Pol Suharyono merupakan perwira tinggi Polri yang lahir di Temanggung, Jawa Tengah, pada 2 Desember 1966.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: