Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi II Senilai Rp3,2 Triliun, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi II Senilai Rp3,2 Triliun, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

Presiden Joko Widodo berbicara kepada wartawan seusai meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 kilometer di gerbang tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (4/8/2023). -Desca Lidya Natalia-ANTARA

Jalan Tol Bocimi Seksi II - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat, 4 Agustus 2023.

Jalan Tol Bocimi Seksi II sepanjang 11,90 kilometer sudah siap dioperasional untuk melayani masyarakat. 

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi di gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 4 Agustus 2023.

Dijelaskan Jokowi Jalan Tol Bocimi Seksi 2 sepanjang 11,90 Km ini menghabiskan biaya pembangungan sebesar Rp3,2 triliun akan memangkas waktu perjalan Jakarta-Sukabumi.

"Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun dan kita harapkan dengan selesainya ruas jalan ini, kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam," ungkap Presiden.

Dengan hadirnya Jalan Tol Bocimi seksi 2 tersebut diharapkan lama perjalanan dapat dipangkas setengahnya.

BACA JUGA:

"Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," tambah Presiden.

Percepatan tersebut, menurut Presiden Jokowi juga dapat meningkatkan investasi ke Jawa Barat.

"Karena dari survei, para investor yang ada, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun," ungkap Presiden.

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dalam progres pembebasan lahan.

Sebelumnya Ruas Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer telah beroperasi sejak Desember 2018.

Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah operasional sejak arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023 dan mencatatkan peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 66,20 persen dibandingkan periode mudik 2022 yaitu dengan rata-rata sekitar 38.716 kendaraan yang melintas.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: