Jembatan CIkereteg Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Tol Bocimi dan Rancamaya

Jembatan CIkereteg Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Tol Bocimi dan Rancamaya

Ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi tepatnya Jembatan Cikereteg di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. --

Jembatan CIkereteg Ditutup, Kendaraan Dialihkan ke Tol Bocimi dan Rancamaya - Jembatan Cikereteg ditutup sementara oleh Polres Bogor atau tepatnya ruas Jalan Raya Bogor-Sukabumi.

Yakni di Jembatan Cikereteg yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian mengatakan, rencana penutupan Jembatan Cikereteg akan dilakukan selama 14 hari.

BACA JUGA:Soal Banjir Jakarta, Pj Gubernur DKI: Solusinya Normalisasi dan Sodetan

"Sampai dipasang jembatan sementara atau bailey yang nantinya (Jembatan Cikereteg) hanya bisa dilalui kendaraan roda empat dan roda dua saja," kata Ardian, Senin 27 Februari 2023.

Menurutnya, penutupan jalan tersebut lantaran kondisi struktur Jembatan Cikereteg yang kembali tergerus longsor.

Sehingga menambah kerusakan jalan yang sudah terjadi sejak tahun 2022.

"Kondisinya itu keretakan tanahnya hampir setengah (jalan). Jadi jalan itu kurang lebih ada 40 sentimeter lubangnya," kata Iptu Ardian.

BACA JUGA:'Pabrik' Narkotika Sintetis di Kabupaten Bekasi Digerebek, 1 Orang Pengusaha Ditangkap

Ia menjelaskan bahwa arus kendaraan dialihkan sejumlah akses di sekitaran Jembatan Cikereteg seperti Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan jalur alternatif Rancamaya.

Sebelumnya Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bogor Gantara Lenggana menjelaskan bahwa perbaikan jalan tersebut akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR bahwa ruas jalan tersebut sudah dilakukan survei sejak bulan Oktober dan memang akan dilakukan perbaikan," ujarnya.

Menurutnya, Jalan Raya HE Sukma itu berstatus jalan nasional sehingga kewenangannya ada pada pemerintah pusat. Namun pihaknya tetap andil dalam menyosialisasikan kepada masyarakat agar berhati-hati ketika melintas di jembatan tersebut.

BACA JUGA:Kemenkes: Ditemukan Varian Baru Covid-19 di Indonesia

"Di antaranya, kami sudah melakukan imbauan kepada masyarakat agar waspada saat melintasi jalan tersebut, khususnya bagi masyarakat yang berada dekat dengan lokasi tersebut," kata Gantara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: