Tol Bocimi Hingga Cibadak Rampung Konstruksi Agustus 2023

Tol Bocimi Hingga Cibadak Rampung Konstruksi Agustus 2023

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Bocimi-Istimewa-

Tol Bocimi - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) hingga Cibadak tuntas pada awal Agustus 2023. 

Tol Bocimi nantinya akan membantu aksesibilitas dari dan menuju Sukabumi, yang selama ini dikeluhkan mengalami kemacetan parah, khususnya pada momen weekend atau hari libur. 

"Mudah-mudahan pada awal Agustus pembangunan Jalan Tol Bocimi Segmen Cibadak sudah selesai fisiknya dan tinggal perapihan," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja, dilansir Antara, Selasa 11 Juli 2023. 

Endra mengatakan, pembangunan Tol Bocimi sampai wilayah Cibadak tinggal sedikit lagi. Ia mengakui terdapat permasalahan teknis seperti pembebasan lahan. 

Terkait hal ini, Kementerian PUPR meminta BUMN Waskita Karya yang merupakan kontraktor proyek untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan.

"Saya kira progresnya sudah di atas 95 persen. Dalam waktu dekat adalah Jalan Tol Bocimi sampai Cibadak, ini akan kita selesaikan," kata Endra.


Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

BACA JUGA:

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. 

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dalam progres pembebasan lahan.

Sedangkan Seksi 2 yakni Ruas Tol Cigombong - Cibadak akan terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi, sehingga dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4 sampai 5 jam melalui jalan arteri menjadi 2 jam lebih cepat.

Ruas tol ini diharapkan menjadi alternatif penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar kawasan Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh.

Kehadiran ruas tol ini juga akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor dan Ciawi. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: