Link, Jadwal, Tata Cara dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek yang Wajib Dipenuhi

Link, Jadwal, Tata Cara dan Syarat Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek yang Wajib Dipenuhi

Beasiswa menjadi salah satu alternatif menyelesaikan studi--unsplash.com

Beasiswa Unggilan Kemendikbudristek - Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah program beasiswa yang bertujuan untuk memberikan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia. 

Beasiswa Unggulan Kemendikbud terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree). 

Beasiswa bergelar terdiri dari jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi masyarakat berprestasi dan Pegawai Kemendikbudristek yang akan mendaftar atau yang sedang melaksanakan studi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di bawah binaan Kemendikbudristek. 

Beasiswa Unggulan Kemendikbud telah memberikan pelayanan dalam pemberian biaya pendidikan dimulai sejak tahun 2006 dan saat ini sudah memasuki tahun ke-17. 

Untuk memberikan pelayanan dan menjamin mutu pelaksanaan Beasiswa Unggulan menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam proses pendaftaran, maka Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyusun Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Buku Panduan Pendaftaran Beasiswa Unggulan ini menjelaskan antara lain tentang persyaratan umum dan khusus, dan tata cara pendaftaran Beasiswa Unggulan secara jelas dan terperinci. 

BACA JUGA:

Buku Panduan Pendaftaran ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para pihak yang terkait, terutama bagi para calon pendaftar Beasiswa Unggulan dalam melakukan proses pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023. 

Pengertian Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan adalah pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia pada perguruan tinggi penerima peserta didik program Beasiswa Unggulan.  

Beasiswa Masyarakat Berprestasi adalah Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor yang diselenggarakan pada perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri. 

Beasiswa Pegawai Kementerian adalah Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang magister dan doktor yang diselenggarakan pada perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri. 

Komponen beasiswa yang akan diterima untuk skema Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi antara lain biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya buku. 

Komponen beasiswa yang akan diterima untuk skema Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek antara lain biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, tunjangan awal kuliah, dan transport tujuan studi PP. 

Komponen beasiswa yang akan diterima untuk skema Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas antara lain biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian dan biaya hidup pendamping. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: