News

Penjelasan Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang Soal Revitalisasi Pasar Kota Bumi

Revitalisasi Pasar Kota Bumi -- Proses revitalisasi Pasar Kota Bumi yang berlokasi di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, mutlak dilaksanakan bukan hanya sebagai target kerja Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR). 

Lebih dari itu, revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi pasar tradisional sebagai sarana perdagangan supaya tertata dengan baik.

Selain itu, revitalisasi Pasar Kota Bumi dilakukan karena ada masukan dari pemerintah daerah untuk menanggulangi masalah banjir hingga kemacetan arus lalu lintas di wilayah itu.

"Revitalisasi pasar juga akan meningkatkan daya jual beli untuk peningkatan omzet pasar. Utamanya faktor ekonomi di pasar kita itu harus jalan," Kata Direktur Utama Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Finny Widiyanti, Jumat 28 Juli 2023.

Lanjut Finny, Perumda Pasar sebagai badan usaha milik daerah (BUMD) diamanatkan untuk membuat satu sistem tata kelola dengan ditunjang oleh masyarakat, pedagang, pemerintah daerah, hingga Muspika setempat.

Terkait pro kontra soal revitalisasi pasar ini, Finny menegaskan, semua proses sudah sesuai prosedur yang diamanatkan oleh pemerintah.

"Yang pertama kita ada Feasibility Study (FS). Kemudian hasil dari FS kita expose dengan mengundang berbagai pihak yang mendukung revitalisasi, termasuk Muspika juga kita undang," tuturnya.

"Hasil FS ini juga diekspose ke seluruh OPD yang erat dengan pembangunan (pasar) juga dengan mitra, dan semuanya terkoreksi," sambungnya.

Soal pro kontra, kata Finny, akan selalu ada dan merupakan hal yang wajar.

Pihak-pihak yang menolak juga sudah difasilitasi untuk bertemu Bupati Tangerang, hingga menggelar hearing atau rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD Kabupaten Tangerang. 

"Kita pastikan rencana revitalisasi Pasar Kota Bumi sudah dilakukan sesuai aturan," ujarnya.

Finny menegaskan, Perumda Pasar tetap tegak lurus terhadap rencana revitalisasi Pasar Kota Bumi yang juga menjadi target pemerintah pusat untuk menata pasar-pasar tradisional.

"Karena kalau dilihat saat pandemi yang terus bergerak adalah pasar tradisional," imbuhnya.

Dia pun berharap setelah proses revitalisasi dilakukan dapat mendongkrak perekonomian khususnya di wilayah Kota Bumi dan umumnya di Kabupaten Tangerang.

"Pro dan kontra itu biasa. Tapi saya juga ingin terangkan bahwa sudah ada 70 persenan pedagang yang terverifikasi dan sangat antusias untuk pindah ke TPPS," tukasnya.

Direktur Operasional Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja Ashari Asmat mengungkapkan bahwa revitalisasi pasar adalah sebuah keniscayaan.

Sebab, saat ini kontestasi pasar sudah sangat ketat ditengah banyaknya pasar-pasar modern yang sudah menjelajah ke pemukiman warga.

"Tidak bisa dipungkiri saat ini perkembangan pasar kontestasinya sangat ketat dan revitalisasi adalah sebuah keniscayaan," ucapnya.

Bicara soal aset, lanjut dia, Pasar Kota Bumi adalah aset yang sah Perumda Pasar NKR sejak didirikannya PD Pasar tahun 2004 dengan Perda Nomor 25 Tahun 2004.

Yang mana, di Pasal 46 dinyatakan bahwa pengelolaan pasar yang sebelumnya dikelola oleh dinas selanjutnya diserahkan ke PD Pasar.

"Pasar-pasar yang diserahkan ke kita itu ada 19 pasar yang sebelumnya dikelola oleh UPT, artinya kewenangannya saat ini ada di PD Pasar. Ini yang harus digarisbawahi soal kewenangan," ujarnya.

Kata dia, Pasar Kota Bumi merupakan salah satu aset Pemkab Tangerang yang diserahkan sebagai penyertaan modal kepada PD Pasar.

"Artinya secara legal standing Pasar Kota Bumi adalah aset yang sah Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja," kata Ashari.

Kemudian, sambung dia, ketika bicara usia nilai ekonomis dalam Peraturan Direktur (Perdir) Perumda Pasar NKR disebutkan usia nilai ekonomis los dan kios naksimal 20 tahun melalui surat hak guna pakai.

Dari situ perumda pasar melihat Pasar Kota Bumi merupakan aset yang strategis dengan lebih dari 700 ruang dagang aktif yang dikelilingi oleh pemukiman masyarakat.

"Tapi jika kita lihat kondisinya langsung dan jika diimplementasikan dengan standar SNI atau standar internasional tentang perpasaran, Pasar Kota Bumi ini enggak masuk standar SNI," jelasnya.

"Nantinya semua pasar harus SNI. Karena SNI ini mengatur kriteria pasar supaya baik nyaman, tertib, dan bersih pastinya," tambahnya.

Oleh sebab itu di tahun 2018 perumda pasar melakukan kajian rencana untuk melakukan revitalisasi Pasar Kota Bumi.

Jadi dia menegaskan, revitalisasi Pasar Kota Bumi tidak ujug-ujug dilakukan. Sebab, sudah direncanakan sejak tahun 2018 melalui sebuah kajian yang kemudian dimasukan ke Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2019.

"Kemudian ada Permendagri Nomor 118 kalau kita mau melakukan itu (revitalisasi) harus ada kajian dan kita sudah melakukan proses itu," jelasnya.

Dia menyebutkan, kajian teknis revitalisasi Pasar Kota Bumi tersebut meliputi aspek sosial ekonomi termasuk analisa teknis, sebelum dan sesudah dilakukan revitalisasi.

Termasuk aspek kemampuan pedagang untuk memiliki ruang dagang atau aspek musyawarah.

"Jadi kita melakukan standar kelayakan dengan rancangan bangunan, bahan, dan fasilitas serta ruang dagang yang akan bertahan selama 20 tahun. Jadi kita ada perhitungan teknisnya," paparnya.

Dalam penentuan harga jual ruang dagang yakni los dan kios, perumda pasar juga melakukannya lewat musyawarah dan sosialisasi.

Sosialisasi kepada para pedagang ini dilakukan perumda pasar tidak hanya sekali. Karena menyangkut harga los dan kios yang harus dikomunikasikan lewat musyawarah.

"Kita lakukan musyawarah yang kemudian di tahun 2019 musyawarah mufakat itu terjadi untuk menyepakati masalah harga termasuk TPPS nya yang waktu itu ada beberapa alternatif,"  kata Ashari.

Admin
Penulis