News

BRI Lewat Pesta Rakyat Simpedes Ajak UMKM 'Pede Raih Peluang'

fin.co.id - 23/07/2023, 17:28 WIB

Pesta Rakyat Simpedes

BRI Lewat Pesta Rakyat Simpedes Ajak UMKM “Pede Raih Peluang” - Terus mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat terus mengembangkan pangsa pasarnya, Pesta Rakyat Simpedes (PRS) kembali hadir di Stadion Siliwangi, Bandung pada tanggal 22-23 Juli 2023. 

Gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tersebut dipersembahkan oleh Tabungan BRI Simpedes dengan mengusung tema “Pede Raih Peluang”.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang mendapatkan segala lini bisnis dan menjadi pemenang di masa depan. 

“Melalui penyelenggaraan PRS ini, diharapkan mampu mengedukasi dan sosialisasi yang intens kepada para pengunjung dan UMKM untuk menggerakan perekonomian nasional,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu, 23 Juli 2023.

Adapun kegiatan partisipasi UMKM dilakukan melalui grebek pasar yang diharapkan bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi. 

Harapannya literasi digital yang dilakukan dengan lebih masif, terutama melalui penggunaan QRIS dapat mendorong jangkauan bisnis UMKM yang semakin meluas.

BACA JUGA:

Gerakan literasi digital menyasar 12 pasar tradisional Kota Bandung atau disebut grebek pasar, yakni Pasar Ciroyom, Pasar Kosambi, Pasar Cihapit, Pasar Sadang Serang, Pasar Induk Gedebage, Pasar Ujungberung, Pasar Kiaracondong, Pasar Kembar Mas, Pasar Sederhana, Pasar Panorama Lembang, Pasar Sayati, dan Pasar Induk Caringin.

Selama ini, BRI concern menyelenggarakan pemberdayaan UMKM, dukungannya berupa edukasi, pendampingan, dan branding serta promosi. Adapun langkah nyata BRI dalam mendukung UMKM di pasar salah satunya adalah melalui pengembangan ekosistem pasar secara digital lewat pasar.id

Kehadiran ekosistem pasar.id ini membantu banyak pedagang tradisional yang diberdayakan dan jumlah pasar tradisional yang terdigitalisasi kian bertambah. 

Dengan adanya pasar.id, pedagang pasar tetap dapat berjualan secara daring, dan barang dagangannya dapat diserap oleh konsumen melalui belanja online.

Dalam PRS kali ini, BRI pun membawa program enam pilar utama. 

Pertama, Pilar Pawai yang memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM melalui penggunaan BRImo beserta fitur – fiturnya. Pawai juga dilengkapi dengan adanya kemeriahan karnaval seni dan budaya.

BACA JUGA:

Kedua, Pasar bazaar UMKM unggulan binaan BRI di Kota Bandung yang akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu Food & Beverages, Fashion, Craft dan semua transaksi pembelian produk UMKM yang wajib menggunakan BRImo dan QRIS.

Admin
Penulis