Sandiaga Uno Sepakat dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Tapi Tidak dengan Anies Baswedan Soal IKN

Sandiaga Uno Sepakat dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto Tapi Tidak dengan Anies Baswedan Soal IKN

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno memberi keterangan kepada awak media di rumah mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2023). -ANTARA/Putu Indah Savitri-

Selain itu ada juga Australia yang beribukota negara di Canberra namun aktivitas ekonomi di beberapa wilayahnya tetap tinggi. 

Denny mengatakan, perpindahan ibu kota negara Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur sudah melalui kajian matang sejak lama.

"Perpindahan ibu kota negara kan wacananya sudah ada sejak era Presiden Soekarno. Di setiap era presiden juga selalu muncul gagasan itu. Jadi kalau kemudian dikatakan perlu pengkajian lagi saat pembangunan sudah berjalan, rasanya jadi seperti mundur ke belakang," tuturnya.

Denny mengatakan, Sandiaga optimistis terhadap IKN Nusantara bukan karena proyek ini merupakan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Namun karena memang IKN Nusantara di Kalimantan Timur berpotensi pada pengembangan wisata alam dan berkelanjutan sesuai dengan konsepnya sebagai kota rimba. 

Di IKN pun akan dibangun fasilitas kelas dunia, termasuk fasilitas layanan kesehatan.

"Sebagai expert di dunia bisnis, Bang Sandi Uno paham betul IKN Nusantara selain mendukung untuk menjadi lokasi pusat pemerintahan, tapi juga berpotensi dari sisi perekonomian," sebut Denny.

Terbukti, banyak tokoh dunia berkenan untuk membantu pengembangan IKN Nusantara. 

Salah satunya adalah mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair yang menyatakan siap mempromosikan IKN Nusantara ke kancah internasional untuk menarik investasi masuk ke ibu kota negara baru Indonesia.

Tony Blair yang bersedia menjadi Dewan Pengarah Pembangunan IKN bahkan telah menyiapkan program-program terkait infrastruktur di IKN, seperti rencana proyek Kereta Api dari pelabuhan dan bandara ke IKN. 

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) pun mencatat setidaknya sudah 17 negara yang meminati investasi di IKN, termasuk dari investor Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Sandiaga Uno sendiri siap membawa 10 investor besar ke IKN Nusantara yang akan ditawarkan peluang investasi di sektor pariwisata. 

Seperti pendekatan glamping dan pendekatan pariwisata berbasis konservasi.

Tak hanya itu, Sandiaga juga tengah berupaya untuk menggandeng pengembang untuk membangun creative hub di IKN. 

Usaha dan kerja keras Sandiaga itu membuktikan bahwa eks Wagub DKI Jakarta tersebut berkomitmen terhadap perkembangan pembangunan IKN Nusantara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: