Transportasi Terintegrasi Jadi Salah Satu Solusi Kurangi Kemacetan Lalu Lintas di Kabupaten Bekasi

Transportasi Terintegrasi Jadi Salah Satu Solusi Kurangi Kemacetan Lalu Lintas di Kabupaten Bekasi

Pejabat (PJ) Bupati Bekasi, Dani Ramdan-Dokumen Istimewa-

Transportasi Umum, Bekasi - Sarana transportasi umum yang terintegrasi, menjadi salah satu solusi mengurangi kemacetan di wilayah Kabupaten Bekasi. 

Adanya transportasi umum terintegrasi, dapat membantu mengurangi kemacetan atau penumpukan kendaraan pada ruas jalan tol terutama di jam sibuk bekerja. 

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengungkapkan, masyarakat dapat beralih menggunakan angkutan umum dengan adanya transportasi terintegrasi. 

"Seiring dengan adanya itu, masyarakat dapat beralih ke sarana transportasi umum demi mengurangi tingkat kepadatan arus lalu lintas yang dapat memicu terjadinya kemacetan atau penumpukan," ungkap Dani Ramdan, Jumat 21 Juli 2023. 

Menurutnya, mobilitas masyarakat Kabupaten Bekasi ke Jakarta secara akumulatif dapat mencapai ratusan ribu orang perharinya. 

Mayoritas, pergerakan Kabupaten Bekasi ke Jakarta ataupun sebaliknya didominasi oleh warga yang bekerja ataupun kegiatan-kegiatan lainnya. 

BACA JUGA : 

"Selama ini masih mengandalkan angkutan pribadi sehingga macetlah tol-tol kita, apalagi ditambah angkutan-angkutan barang seperti truck dan lainnya," jelasnya. 

Dengan adanya moda transportasi terintegrasi di Kabupaten Bekasi, dapat merubah kebiasaan masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

"Kalau angkutan pribadinya bisa berpindah ke transportasi publik, tentu akan mengurangi beban lalu lintas dan saya yakin masyarakat Kabupaten Bekasi sudah siap untuk perilaku dan budaya baru ini nantinya," ucapnya. 

Dani Ramdan menjelaskan, Transportasi Terintegrasi di Kabupaten Bekasi tersebut nantinya juga akan mendukung tersedianya Light Rail Transit (LRT). 

"LRT akan segera beroperasi dan di wilayah Kabupaten Bekasi hanya sampai di perbatasan kota dan kabupaten, mungkin akan kita siapkan feedernya (Angkutan pengumpan) untuk ke Cikarang, Cibitung, Tambun dan sebagainya," terangnya. 

Selain itu, fasilitas Stasiun Kereta Api Cepat yang sekarang sedang dalam proses uji coba juga akan terkoneksi dengan Transportasi Terintegrasi. 

"Kereta cepat salah satu stasiunnya ada di perbatasan Bekasi-Karawang, tepatnya di area Deltamas. Itu juga harus disiapkan feedernya, jadi kereta cepat ini cakupannya bisa ke wilayah-wilayah kecamatan lainnya," tuturnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: