Ini Amalan Sunnah yang Dianjurkan di Bulan Muharram

Ini Amalan Sunnah yang Dianjurkan di Bulan Muharram

Foto bulan dan Masjid Alfatah Kota Ambon-Afdal Namakule-Fin

Bulan muhammaram adalah bulan pertama di kalender Hijriah. Pada tahun 2023 ini, 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 19 Juli 2023.

Dalam Islam, bulan Muharram mempunyai keutamaan yang tercatat dalam Alquran bersama dengan tiga bulan lainnya, yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah ta'ala berfirman: 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚوَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا

Artinya: “Sungguh bilangan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

BACA JUGA:

Dalam bulan muharram, umat Islam dianjurkan perbanyak melakukan amalan-amalan sunnah setelah amalan wajib. 

Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Muharram adalah puasa. Hal ini ditegaskan dalam sebuah jadis yang berbunyi: 

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Imam Nawawi –rahimahullah– menjelaskan, “Hadits ini merupakan penegasan bahwa sebaik-baik bulan untuk berpuasa adalah pada bulan Muharram.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 55)

Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan, “Puasa yang paling utama di antara bulan-bulan haram (Dzulqo’dah, Dzulhijah, Muharram, Rajab -pen) adalah puasa di bulan Muharram (syahrullah).” (Lathoif Al Ma’arif, hal. 67).

BACA JUGA:

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa kaum muslimin dianjurkan memperbanyak puasa pada bulan Muharram. Namun tidak dianjurkan berpuasa sebulan penuh seperti di bulan Ramadan. 

Nabi Salallahu'alaihi wassalan bersabda: ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: