Malam Nisfu Sya'ban, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan

Malam Nisfu Sya'ban, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan

Ilustrasi: bulan dan Masjid-Istimewa-

Malam Nisfu Sya'ban, Ini Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan- Sesuai kalender masehi, bulan Ramadan jatuh pada tanggal 22 Maret 2023. Maka hari ini, Selasa 7 Maret 2023 adalah pertengahan bulan Sya'ban. 

Dengan demikian malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban.

Malam Nisfu Sya'ban dikenal memiliki keutamaan. Sebab rahmat Allah pada Nisfu Sya'ban turun kepada hamba-hambanya. 

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Bakar ash-Shidiq dari Rasulullah Saw berikut: 

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء  

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi). 

BACA JUGA:Berikut 5 Amalan di Malam Nisfu Sya'ban

Menurut Ustad Abdul Somad, malam Nisfu Sya'ban bisa dihidupkan dengan berbagai amalan. Diantaranya, perbanyak salat, zikir, beristigfar dan berdoa. 

"Memperbanyak salat tanpa menetapkan jumlah rakaat. Bangun salat sunnat wudu, salat sunnah taubat, salat sunnah hajat. Salat tahajud, salat witir. Baca Quran. Zikir. Dan Istigfar, " ujar ustad Abdul Somad di kanal YouTube. 

Adapun hadis lain yang menganjurkan beramal di malam nisfu Sya'ban berdasarkan beberapa hadis berikut: 

BACA JUGA:Jelang Ramadan Jakarta Diguyur 142 Ton Cabai dan Bawang Merah

"Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Hadits lainnya lagi adalah hadits ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: