BNI Xpora Raih Penghargaan Marketeers SME Enhancement of The Year

BNI Xpora Raih Penghargaan Marketeers SME Enhancement of The Year

BNI Xpora Raih Penghargaan Marketeers SME Enhancement of The Year--

JAKARTA, FIN.CO.ID - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI kembali meraih prestasi dengan terpilih sebagai pemenang dalam Marketeers Sustainability Excellence 2023 kategori SME Enhancement of The Year.

Penghargaan ini diberikan kepada BNI karena melalui program BNI Xpora, BNI mampu menerapkan program sustainability dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

BNI Xpora merupakan solusi digital yang dikembangkan oleh BNI yang ditujukan untuk pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis.

Penerapan strategi sustainability marketing yang tidak biasa ini, selain berdampak pada bisnis perusahaan, juga memberikan dampak yang positif bagi para pelaku UMKM maupun komunitas diaspora serta pada peningkatan devisa negara akibat transaksi ekspor yang dilakukan oleh para pelaku UMKM binaan BNI.

Penghargaan tersebut secara langsung diserahkan oleh CEO Marketeers Iwan Setiawan kepada GM Divisi Retail Productive Banking BNI M. Safri Hidayat di FX Sudirman, Jakarta.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, Indonesia memiliki beragam potensi ekspor, seperti produk pertanian, perikanan, herbal dan rempah, kerajinan, furnitur, makanan dan minuman olahan, dan berbagai produk lainnya.

Menurutnya, potensi tersebut menjadi keuntungan bagi para pelaku ekspor UMKM. Namun, mereka juga dihadapkan dengan tantangan, seperti persaingan produk, keterbatasan pengetahuan prosedur ekspor, akses pasar global, kemampuan digital, keuangan, transaksi, dan akses permodalan.

"Sejak tahun 2021, BNI Xpora hadir dengan nilai-nilai Go Productive, Go Digital, dan Go Global untuk memberikan dukungan nyata kepada pelaku UMKM dalam menghadapi peluang dan tantangan," ujar Okki.

Adapun bentuk dukungan yang ditawarkan oleh BNI Xpora antara lain menyediakan pelatihan, pendampingan, webinar, seminar, dan coaching clinic kepada pelaku UMKM terkait ekspor dan transaksi keuangan. Dengan pengetahuan yang diperoleh, pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas bisnis mereka.

BNI Xpora juga memberikan solusi digital kepada UMKM dalam memasarkan produk melalui platform xpora.co.id. Platform ini menjadi jembatan antara UMKM dengan calon pembeli global.

Terlebih, BNI Xpora berperan aktif memberikan akses pasar luar negeri dengan bekerja sama dengan kantor cabang BNI di luar negeri. Kolaborasi ini membantu UMKM dalam mencari pembeli global dan berpartisipasi dalam pameran internasional.

Selain solusi di atas, BNI Xpora juga menawarkan produk perbankan yang mendukung aktivitas ekspor, seperti pinjaman atau pembiayaan dengan bunga yang menarik, transaksi online perbankan, dan produk lainnya.

Okki menambahkan, tidak hanya memberikan dukungan kepada pelaku UMKM, BNI Xpora juga memberikan perhatian khusus kepada diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

Melalui kantor cabang BNI di Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London, New York, dan Amsterdam, BNI Xpora membantu diaspora dalam mengembangkan bisnis, termasuk membeli bahan baku dari UMKM Indonesia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: