Menpan RB Azwar Anas Ungkap Skema Kenaikan Gaji ASN 2024

Menpan RB Azwar Anas Ungkap Skema Kenaikan Gaji ASN 2024

Ilustrasi UMK Kota Bekasi--

Skema Kenaikan Gaji ASN 2024 - Terungkap skema kenaikan gaji ASN (aparatur sipil negara) atau PNS (pegawai negeri sipil) pada tahun 2024.

Skema kenaikan gaji ASN diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Dikatakannya kenaikan gaji ASN 2024 akan masuk dalam skema reward.

"Ini akan kita masukkan di total reward dalam RPP (rancangan peraturan pemerintah) yang sedang kita siapkan. Jadi tidak parsial. Begitu juga terkait dengan dengan TPP (tambahan penghasilan pegawai) atau tukin (tunjangan kinerja)," ungkapnya, Jumat, 14 Juli 2023.

Dijelaskannya, skema tersebut diambil agar kenaikan gaji ASN atau PNS tidak berdiri sendiri. 

Meski demikian, hal tersebut masih terus digodok pemerintah.

BACA JUGA:

Sebab menurutnya, kenaikan gaji PNS atau ASN masih perlu pembahasan intensif bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Terkait dengan gaji, kami terus melakukan exercise dengan Kementerian Keuangan. Kami lapor kepada Bapak Presiden (Jokowi), Bapak Presiden dimintakan untuk menghitung bersama Menteri Keuangan (Sri Mulyani) dan Ibu Menteri Keuangan sedang meng-exercise kecukupan anggaran untuk merumuskan kenaikan gaji," terangnya.

Dikatakannya, kenaikan gaji ASN atau PNS tahun depan bukan tanpa alasan. Diungkapkannya, gaji ASN atau PNS sudah lama tidak naik. Kenaikan gaji ASN terakhir pada 2019.

Artinya, sudah empat tahun lamanya gaji ASN tak mengalami kenaikan.

Jika kajian yang dilakukan Kemenpan RB dan Kemenkeu rampung dalam waktu dekat, kemungkinan besar kenaikan gaji PNS bakal diumumkan Presiden Jokowi dalam Nota Keuangan pada 16 Agustus 2023 mendatang.

Bakal Diumumkan Jokowi Pada 16 Agustus 

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kebijakan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara serta TNI, Polri dan pensiunan dalam pidato penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN 2024 pada 16 Agustus mendatang.

"Bapak Presiden nanti akan menyampaikan RUU APBN 2024 pada tanggal 16 Agustus. Salah satu yang sedang kita hitung secara serius detail adalah kenaikan gaji ASN, TNI, Polri dan pensiunan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani usai menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: