Teknologi

Apa Itu Dynamic Island Pada iPhone? Simak Penjelasannya di Sini

Dynamic Island - Simak penjelasannya di sini apa itu fitur Dynamic Island pada ponsel pintar iPhone.

Dilansir dari laman SmartPrix, ponsel cerdas Apple mendapat kedudukan sebagai fitur utama mereka di 2017 dengan peluncuran iPhone X dan sejak itu menjadi bagian dari semua iPhone dan bahkan hadir di MacBook.

Namun, ketika Apple meluncurkan iPhone 14 Series pada tahun 2022, hal tersebut berubah.

Model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max hadir dengan satu hal besar yang disebut Dynamic Island.

Setelah bertahun-tahun takik, Apple memindahkan kamera depan dan modul ID Wajah ke potongan besar berbentuk pil di dekat bagian atas layar.

BACA JUGA:

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan Pro Max tidak hanya menampung sensor tetapi juga dilengkapi dengan fungsi lainnya.

iPhone 14 dasar masih memiliki takik dan tidak jelas apakah Apple akan membawa Pulau Dinamis ke semua iPhone atau menyimpannya hanya untuk model Pro.

Untuk saat ini, mari kita lihat apa itu Dynamic Island dan apa saja fiturnya.

Apa itu Dynamic Island?


Ilustrasi fitur dynamic island pada iPhone.-gizchina.com-

Disebut Pulau Dinamis, area berbentuk pil baru di iPhone tidak hanya memiliki perangkat keras kamera tetapi juga berfungsi sebagai pusat pengubah bentuk untuk peringatan kunci iPhone.

BACA JUGA:

Itu dapat mengubah bentuk dan ukuran untuk menampilkan peringatan dan pemberitahuan.

Apple telah menggunakan iOS untuk mengubahnya menjadi area yang dapat berinteraksi dengan kalian untuk melihat notifikasi, mengontrol musik, dan lainnya.

Mengapa Dynamic Island diperlukan di iPhone?

Banyak orang sering bertanya-tanya mengapa ponsel Android tidak memiliki kedudukan pulau yang dinamis seperti ini, tetapi iPhone memilikinya.

Sebagian besar ponsel Android seperti Seri Pixel 7, seri Galaxy S23, dan lainnya memiliki titik kecil untuk wajah depan di bagian atas layar.

BACA JUGA:

Mengapa perangkat apel membutuhkan takik atau island? Ini karena Apple memiliki banyak sensor lain di notch dan dynamic island yang digunakan untuk Face ID, sebuah sistem pengenalan wajah.

ID Wajah memiliki sensor dengan 3 modul - proyektor titik, iluminator makanan, dan kamera infra merah.

Meskipun ponsel Android juga dilengkapi dengan pengenalan wajah, hari ini tidak seaman iPhone karena Android menggunakan pencocokan foto 2D untuk pengenalan wajah.

Sebagian besar perangkat Android masih menggunakan pemindaian jari juga. Sensor Apple seperti ID Wajah, sensor jarak, dan lainnya sangat diminati, jadi harus ada Pulau Dinamis untuk menyesuaikannya di layar.

Keuntungan dari Dynamic Island

BACA JUGA:

Dynamic Island memberikan visibilitas yang lebih baik dari aktivitas dan peringatan yang sedang berlangsung.

Ini memiliki lapisan baru ke UI yang membantu pengguna mendapatkan pembaruan tepat waktu tanpa mengubah konteks. Apple memamerkan beberapa transisi bahasa gerak terbaik.

Pada mode layar penuh, terdapat area layar yang tersembunyi di balik notch. Jadi, pulau dinamis tidak memakan ruang dalam mode layar penuh.

Dengan Dynamic Island, beberapa aplikasi pilihan dapat tetap berada di layar saat Anda melakukan hal lain.

Kelemahan dari Dynamic Island

BACA JUGA:

Ini adalah fitur interaktif tetapi terletak di area perangkat yang sulit dijangkau. Pengguna harus merentangkan jari untuk mengakses area tersebut, sehingga interaksi menjadi tidak nyaman.

Dynamic Island memiliki kamera menghadap ke depan dan pengguna akan terus mengetuk kamera yang akan menyebabkan noda pada kamera depan. Ini dapat menyebabkan selfie dan video buram di kamera depan.

Dibandingkan dengan takik, pulau dinamis tidak terlihat bagus dalam mode video layar penuh.

Dynamic Island terlihat seperti pil hitam pekat dalam gambar, tetapi kenyataannya terlihat berbeda. Area di antara bintik-bintik menjadi terlihat di bawah sinar matahari langsung, dan tidak terlihat seperti benda padat.

Dynamic Island memiliki ukuran kecil dan ini tidak memungkinkan desainer untuk bermain-main dengan ukuran elemen untuk membuat bagian konten yang layak.

BACA JUGA:

Setiap kali pulau diaktifkan, ia menarik perhatian pengguna. Ini bisa mengganggu jika pembuat aplikasi menggunakan fitur ini secara berlebihan.

Secara keseluruhan, Dynamic Island Apple sepertinya bukan fitur yang harus kalian tingkatkan ke Model iPhone 14 Pro.

Kalian harus menunggu beberapa tahun lagi untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari Apple.

Admin
Penulis