Desain Engineering Masih Tunggu Restu UNESCO, Kementerian PUPR Segera Bangun Museum Candi Borobudur

Desain Engineering Masih Tunggu Restu UNESCO, Kementerian PUPR Segera Bangun Museum Candi Borobudur

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Museum Candi Borobudur - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah tengah mempersiapkan pembangunan Museum Candi Borobudur, di Zona Candi Borobudur yang terletak di Magelang Jawa Tengah. 

Kepala BPPW Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Kuswara mengatakan, pembangunan museum Candi Borobudur itu saat ini masih tahap penyusunan engineering design, yang masih harus mendapatkan persetujuan UNESCO. 

Pembangunan museum Candi Borobudur sendiri ditargetkan rampung pada akhir 2024 mendatang. “Jadi kita tetap pada dasarnya, harus komplit hal yang menjadi persyaratan UNESCO,” ujar Kuswara dalam paparannya pada agenda Presstour Forum Sahabat Infrastruktur PUPR, di Hotel Manohara, Komplek Candi Borobudur, Jumat 7 Juli 2023. 

Kuswara mengungkapkan, pembangunan museum Candi Borobudur sendiri merupakan arahan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi atau Marves Luhut Binsar Pandjaitan.  

Meski demikian, Kuswara belum bisa mengungkap lebih detail mengenai pembangunan museum Candi Borobudur tersebut, salah satunya mengenai kebutuhan anggaran proyek tersebut. 

“Untuk anggaran itu masih dalam pembahasan, karena ini masih akan bergerak terus. Nanti kalau sudah ditetapkan akan segera kami informasikan,” tegas Kuswara.  

BACA JUGA:Proyek Pengendali Banjir Kawasan YIA 2.000 Hektar Ditargetkan Rampung Akhir 2024, Anggaran Rp1,49 T Dikucurkan

BACA JUGA:Kementerian PUPR Lakukan Preservasi Jalan Daendels Pansela Untuk Pengembangan Kawasan Selatan Pulau Jawa

Ia menambahkan, nantinya museum tersebut berisikan sejarah awal mula terbangunnya Candi Borobudur dan perkembangannya hingga saat ini. 

Tak hanya itu, museum Candi Borobudur juga nantinya akan terdapat replika Candi Borobudur berbentuk 3D. Namun, ia mengatakan, untuk design lebih jelasnya terkait isi dari museum itu yang paling mengetahui adalah Kemendikbud.

“Jadi isinya yang lebih tahu itu adalah Kemendikbud. Ini pun koordinasi design nya dengan Kemendikbud,” tuturnya. 


Pelataran Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Sebagai informasi, Kementerian PUPR telah memberikan dukungan untuk Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur melalui pembangunan infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, serta permukiman, dan perumahan. 

Tercatat pada tahun 2020-2022, telah dilaksanakan sebanyak 42 paket kegiatan dengan total anggaran sebesar Rp2,27 triliun. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: