Indonesia Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-17, Kementerian PUPR: 25 Stadion Telah Kami Siapkan!

Indonesia Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup U-17, Kementerian PUPR: 25 Stadion Telah Kami Siapkan!

Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah dalam acara Sustainable Design, Construction & Safety for Indoor Stadium di Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 27 Juni 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Stadion Untuk Pelaksanaan FIFA World Cup U-17 - Indonesia siap secara prasarana untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 atau FIFA World Cup U-17, yang akan dilaksanakan pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya memastikan, sebanyak 25 stadion yang sebelumnya dipersiapkan untuk penyelenggaraan FIFA World Cup U-20, dapat dipergunakan untuk FIFA World Cup U-17. 

"Kalau untuk dipakai (Stadion yang dipersiapkan sebelumnya untuk U-20) sudah sangat siap, kita sudah melakukan serah terima kelola (stadion) dan memberikan pelatihan kepada para pengelola lapangan," ujar Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah di sela-sela acara FGD Construction Plus Focus: Sustainable Design, Construction Safety F Indoor Stadium di Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno, bersama dengan narasumber lain seperti Dian Irawati Direktur Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya, Pundjung Setya Brata Direktur Operasional II PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Forest Jieprang Presiden Direktur Penta Architecture dan Rafael David Co-Principal Aboday Design di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023. 

Essy mengatakan.sebelum gelaran Piala Dunia U-20, FIFA sudah datang melakukan inspeksi terakhir untuk seluruh stadion dan menyebut kondisi stadion yang dipersiapkan sudah sesuai dengan standar FIFA. 

BACA JUGA:

"Karena stadion-stadion tersebut sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan FIFA," katanya.

Kendati demikian, untuk pelaksanaan FIFA World Cup U-17, Essy mengaku belum tahu stadion mana saja yang akan digunakan sebagai venue pertandingan dan latihan untuk Piala Dunia U-17 tersebut.


Ilustrasi - Enam Stadion Berstandar Internasional Terus Ditata Jelang Piala Dunia U-20--

"Stadion-stadion yang sebelumnya diperuntukkan untuk Piala Dunia U-20 siap digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17, karena sudah disiapkan sebaik mungkin untuk digunakan mendukung perhelatan internasional," kata Essy.

Pihaknya, kata Essy, sebelumnya ditugaskan untuk menyiapkan 25 stadion guna mendukung Piala Dunia U-20, di mana lima stadion untuk pertandingan dan 20 stadion lainnya untuk kebutuhan latihan. 

BACA JUGA:

Namun, FIFA kemudian membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Pada April lalu, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu.

Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: