Pandemi Covid-19 Jakarta Bebas Macet, Ditlantas Polda Metro Kaji Usulan Karyawan Kantoran WFH

Pandemi Covid-19 Jakarta Bebas Macet, Ditlantas Polda Metro Kaji Usulan Karyawan Kantoran WFH

Ilustrasi Macet-dok fin-dok fin

Karyawan Kantoran WFH - Lalu lintas Jakarta bebas macet saat pandemi Covid-19. Berkaca kasus tersebut, Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengkaji usulan work from home (WFH).

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengatakan untuk menghidari kemacetan di Jakarta, salah satu solusinya dalah pengaturan jam kerja perkantoran.

"Kegiatan dengan pengaturan jam kerja, ini juga mungkin sebuah solusi yang nantinya diuji coba bagaimana efektivitasnya dalam pengaturan jam kerja," katanya saat Focus Group Discussion (FGD) soal Penanganan Kemacetan DKI Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

Dijelaskannya, kemacetan di DKI Jakarta sebuah masalah yang sudah dibahas sejak lama, bahkan dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Sehingga perlu ada upaya-upaya yang perlu kita lakukan dari sisi kebijakan publik," katanya.

Melalui diskusi ini, pihaknya akan menghimpun masukan dari berbagai pihak. 

BACA JUGA:

Diungkapkannya, pihaknya juga akan mengkaji usulan pemberlakuan bekerja dari rumah atau WFH bagi karyawan perkantoran di Jakarta.

Berkaca dari pandemi Covid-19, penerapan WFH dinilai menurunkan tingkat kemacetan secara drastis, bahkan sekitar 30 persen. 

Karena itu, diharapkan kebijakan WFH bisa berjalan bersama pengaturan jam kerja.

"Jadi, ini adalah salah satu bahasan. Nanti secara paralel pembatasan pengaturan jam kerja kemudian mengatur tentang mungkin usulan WFH juga diberlakukan di perkantoran," kata Doni.

Berbagai usulan yang ada, nantinya harus dibahas lebih lanjut dengan mempertimbangkan pendapat pihak terkait.

BACA JUGA:

Tapi sekali lagi ini adalah masih pembahasan, tentunya dari hasil diskusi saat ini menjadi sebuah kebijakan yang dapat diberlakukan dan diuji coba. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: