Berikut Tips Hindari Macet di Kota Jakarta

Berikut Tips Hindari Macet di Kota Jakarta

Kemacetan di Jalan Protokol Ahmad Yani Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

Berikut Tips Hindari Macet di Kota Jakarta

-Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, merupakan salah satu kota yang paling padat di dunia dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi. 

Jumlah kendaraan di jalan raya setiap harinya sangat banyak, sehingga kemacetan menjadi suatu hal yang umum terjadi. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari kemacetan di Jakarta.

1. Gunakan Aplikasi Peta dan Navigasi

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kemacetan adalah dengan menggunakan aplikasi peta dan navigasi seperti Google Maps atau Waze. 

Aplikasi ini dapat memberikan informasi real-time tentang lalu lintas di sekitar Anda dan memberikan rute alternatif jika ada kemacetan.

2. Cari Tahu Jam Sibuk

Jam sibuk di Jakarta adalah pada pagi hari saat orang berangkat kerja dan sore hari saat orang pulang kerja. Cobalah untuk menghindari waktu-waktu ini jika memungkinkan.

Jika Anda harus berada di jalan pada waktu tersebut, pastikan Anda berangkat lebih awal atau menunda perjalanan Anda hingga waktu yang lebih baik.

3. Gunakan Transportasi Umum

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kemacetan adalah dengan menggunakan transportasi umum seperti busway, KRL, atau MRT. 

Selain menghindari kemacetan, transportasi umum juga lebih hemat biaya dan ramah lingkungan.

4. Hindari Jalan Alternatif yang Dikenal

Meskipun jalan alternatif terkadang dapat mengurangi waktu perjalanan, jalan-jalan tersebut seringkali menjadi alternatif bagi pengemudi lain yang juga ingin menghindari kemacetan. 

Ini akan menyebabkan kemacetan di jalan alternatif tersebut. Jadi, pastikan Anda mengecek lalu lintas di jalan alternatif sebelum mengambil keputusan.

5. Gunakan Sepeda atau Berjalan Kaki

Jika perjalanan Anda tidak terlalu jauh, pertimbangkan untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Ini tidak hanya dapat membantu Anda menghindari kemacetan, tetapi juga menyehatkan dan ramah lingkungan.

6. Tetap Sabar dan Tenang

Kemacetan bisa sangat menjengkelkan dan membuat frustasi. 

Tetapi, tetap sabar dan tenang sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda sendiri dan orang lain di jalan. Hindari berkendara agresif atau melakukan tindakan yang berisiko.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: