Singgung Keamanan Suporter di Stadion JIS yang Hanya Satu Pintu, Bung Ferry: Ramp Timur Belum Dibuka

Singgung Keamanan Suporter di Stadion JIS yang Hanya Satu Pintu, Bung Ferry: Ramp Timur Belum Dibuka

Jakarta International Stadium (JIS).-Screenshot YouTube/ WPS Channel-

Singgung Keamanan Suporter di Stadion JIS yang Hanya Satu Pintu, Bung Ferry: Ramp Timur Belum Dibuka

JAKARTA International Stadium (JIS) ramai disorot jelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sebab ada potensi menjadi lokasi ajang laga. Akses ke stadion tersebut dinilai beberapa pihak sulit, kurangnya kantong parkir juga jadi polemik.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir gerak cepat meninjau ke lapangan, sebab ia ingin JIS diperbaiki demi keselamatan suporter. Pasalnya, Erick Thohir ingin venue Piala Dunia U-17 menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk para penonton.

Salah satu pendiri suporter Persija Jakarta The Jakmania Ferry Indrasjarief mengatakan, JIS harus dilengkapi fasilitas pendukung lebih dahulu untuk menggelar laga sepak bola dengan penonton berjumlah besar. Hal itu agar arus keluar dan masuk suporter di sana bisa nyaman dan aman.

BACA JUGA:

"Jadi, lengkapi dululah. Karena menurut saya, ini stadion bagus dan megah, tapi belum lengkap fasilitas pendukungnya, jadi tolong lengkapi. Selama belum lengkap ya sulit untuk kami bermain di sana, karena perizinan juga tidak dapat terus diverifikasi juga tidak lolos kan susah," ucap Ferry Indrasjarief dalam keterangannya, Kamis 6 Juli 2023.

Bung Ferry sapaan akrabnya itu mengatakan, sebelumnya Jakmania memang sudah sempat hadir di JIS saat launching beberapa waktu lalu. Sebab, kondisi JIS dengan puluhan ribu Jakmania tidak cukup kondusif karena akses keluar di sana masuk hanya lewat ramp barat.

"JIS yang mana kami sudah dikasih tau bahwa stadion ini ada dua ramp, barat dan timur sebagai akses masuknya. Tapi sampai detik ini, ramp timur tetap belum dibuka," ujarnya. 

BACA JUGA:

“Padahal pada saat launching JIS, kami anggota The Jakmania masuk lewat ramp barat itu suasananya padat sekali dan saya tidak mau anak-anak The Jakmania menjadi susah, keselamatan dan kenyamanannya gak terjamin. Jadi pertanyaan saya kenapa ramp timur tidak dibuka sampai sekarang. Apakah dengan ram timur itu memadai? ya trial and error seperti stadion-stadion lain,” tambahnya.

Lanjut Ferry Indrasjarief, coba dengan dua ramp yang lebarnya sangat luas itu. Kalau ternyata nanti kurang, silahkan saja yang berwenang untuk buat akses lagi, tapi yang terpenting dicoba dulu.

"Dibilang bahwa stadion ini modelnya orang-orang yang datang kesana tidak membawa kendaraan pribadi, tapi sampai detik ini kan kendaraan umum yang sampai kesana baru Transjakarta," ujarnya.

"Jadi, kalau memang benar-benar untuk transportasi umum, ya, dibuat stasiun atau terminal di sana atau bahkan dibikin MRT atau LRT ya silahkan itu akan memudahkan anggota The Jakmania untuk datang kesana," sambungnya. 

Sementara itu, Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan mengungkapkan permasalahan yang dihadapi oleh JIS terkait akses parkir dan transportasi publik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: