Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan IMS, RI Siap Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan IMS, RI Siap Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023

Indoor Multifunction Stadium di Komplek Olahraga GBK, Senayan Jakarta. Venue pelaksanaan FIBA World Cup 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Progres Pembangunan Indoor Multifunction Stadium - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya telah merampungkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau sarana olahraga dalam ruangan terbesar di Indonesia. 

IMS tersebut dibangun di komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK), di kawasan Senayan Jakarta. Hall olahraga dalam ruangan terbesar di Indonesia itu nantinya akan menjadi venue penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket atau FIBA World Cup 2023 yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang.  

“IMS di GBK ini merupakan salah satu sarana olahraga indoor terbesar di Indonesia, yang memiliki multifungsi yang bisa dilakukan,” ujar Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah dalam acara  FGD Construction Plus Focus: Sustainable Design, Construction Safety F Indoor Stadium di Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno, bersama dengan narasumber lain seperti Dian Irawati Direktur Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya, Pundjung Setya Brata Direktur Operasional II PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Forest Jieprang Presiden Direktur Penta Architecture dan Rafael David Co-Principal Aboday Design di Jakarta, Selasa 27 Juni 2023.

Essy mengatakan, IMS ini dibangun untuk sebagai lapangan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023.

BACA JUGA:

"Kementerian PUPR sebagai pengampu regulasi bangunan Gedung dan termasuk dalam salah satu pelaku konstruksi sebagai pengguna jasa, selalu berupaya untuk selalu ikut berkembang dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Indonesia, termasuk salah satunya melalui pembangunan IMS GBK," katanya.


Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah dalam acara Sustainable Design, Construction & Safety for Indoor Stadium di Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 27 Juni 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK). Bangunannya sendiri seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PPK -GBK. Bangunannya sendiri seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

BACA JUGA:

IMS tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendukung olahraga bola basket saja, tetapi juga untuk cabang olahraga lain, serta aktivitas non-olahraga.

Secara desain, IMS memiliki 5 lantai dan 1 lantai atap dengan fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan.

Selain itu, stadion ini juga dapat difungsikan bagi cabang olahraga lain seperti Voli, Badminton, Tenis, Mixed Martial Arts (MMA), Atletik, dan lain-lain. IMS juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan non olahraga seperti konser musik, seminar, pertunjukan khusus dan lain-lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: