DKPP Kota Bekasi Prediksi Terjadi Kenaikan 10 Persen Kebutuhan Hewan Kurban Jelang Iduladha 1444 H

DKPP Kota Bekasi Prediksi Terjadi Kenaikan 10 Persen Kebutuhan Hewan Kurban Jelang Iduladha 1444 H

Potret salah satu peternakan sapi di kawasan Pekayon Kota Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai lakukan pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen, terhadap ratusan hewan kurban di lapak dagang wilayahnya. 

Subkoordinator Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, DKPP Kota Bekasi, Sariyanti mengatakan, Idul Adha 2023 ini terjadi peningkatan kebutuhan hewan kurban di wilayahnya. 

"Meningkat dibandingkan tahun lalu, kita prediksi karena ekonomi sudah membaik, kemudian orang sudah tidak ada aturan harus dibatasi atau apa," kata Sariyanti saat dikonfirmasi, Senin 19 Juni 2023.

BACA JUGA:DKPP Kota Bekasi Periksa Kesehatan Ratusan Hewan Kurban Jelang Iduladha 1444 H

Pihaknya memprediksi, akan terjadi kenaikan kebutuhan hewan kurban mencapai 10 persen di seluruh wilayah Kota Bekasi. 

"Tahun lalu itu, total sapi 6 ribu ekor, kambing domba 13 ribu ekor, kerbau 19 ekor, itu data pemotongan tahun kemarin ya, tahun ini prediksi akan meningkat 10 persen," ungkapnya. 

Selain itu, ketersediaan hewan kurban dari para pedagang di wilayahnya juga akan terjadi kenaikan guna menyeimbangkan kebutuhan di lapangan.

BACA JUGA:Viral Terekam Kamera Pengawas CCTV, Pencuri di Kota Bekasi Ambil Sepeda Gunung Seharga Rp 10 Juta

"Ya kenaikan ermasuk hewannya, kalo dulu kan masih takut PMK, Covid-19 lah. Kalo sekarang kan sudah ada vaksin PMK," jelasnya. 

Sariyanti menjelaskan, hewan kurban yang telah dipasang anting berwarna kuning oleh Pemkot Bekasi dipastikan sudah divaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Betul sampai saat Ini masih on proses (Pemeriksaan), sampai tanggal 27 nanti, target kita 250 lapak dagangan hewan kurban," ucapnya.

BACA JUGA:Niat Cari Jodoh Lewat Aplikasi, Wanita Asal Cibinong Malah Jadi Korban Penipuan di Kota Bekasi

Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya hewan yang sakit, selain itu seluruh lapak yang diperiksa telah melengkapi administrasi seperti surat sehat, surat pengiriman dan surat lepas karantina. 

"Untuk stok hewan kurban tidak ada masalah, cukup tersedia. Itu termasuk stok dari wilayah luar, kalo lokal kan ngak banyak justru dari luar wilayah Kota Bekasi," terangnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: