News

Uang Siswa Digunakan Bayar Utang, Pemilik Travel yang Tangani Study Tour MAN 1 Bekasi Jadi Tersangka

fin.co.id - 12/06/2023, 20:22 WIB

Kapolsek Bekasi Utara Kompol Arwan saat menunjukan barang bukti di konferensi pers

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemilik Travel Jogja Holiday Center resmi ditetapkan tersangka, usai Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bekasi Batal berangkat ke Yogyakarta. 

Kapolsek Bekasi Utara, Kompol Arwan mengatakan, Aditya Rizky Permana selaku pemilik travel, ditangkap oleh kepolisian usai batal memberangkatkan rombongan. 

"Awalnya siswa direncanakan berangkat tangggal 29 Mei, tapi EO milik pelaku ini menunda sampe tanggal 8 Juni. Itupun ternyata yang datang hanya 3 bus, padahal siswanya ada 288 orang," kata Kompol Arwan saat konferensi pers, Senin 12 Juni 2023. 

BACA JUGA: Diduga Travel Agent Gelapkan Uang Pembayaran, Siswa MAN 1 Kota Bekasi Batal Study Tour Ke Yogyakarta

Menurutnya, panitia dari sekolah telah menyerahkan Rp 474 Juta kepada pihak travel agent sesuai dengan penawaran yang diberikan. 

"Panitia sekolah telah menyerahkan biaya study tour kepada EO milik pelaku sebanyak Rp 474.500.000 tapi justru gagal berangkat, terjadi keramaian di sekolah setelah itu pihak yang berwajib datang mengamankan situasi," ungkapnya. 

Kompol Arwan menjelaskan, uang yang telah diserahkan oleh panitia sekolah digunakan secara pribadi oleh Aditya Rizky untuk kebutuhan pribadi. 

BACA JUGA: Orang Tua Siswa MAN 1 Kota Bekasi Kecewa Anaknya Batal Study Tour : Dijanjikan Hotel Bintang 4 dan Bus Mewah

"Uangnya sebagian untuk menutupi hutang, jadi gali lubang tutup lubang. diambil dari uang sekolah, itu pun tidak sekaligus secara bertahap," ucapnya. 

Tersangka sudah 7 tahun menjalankan usaha travel agent, dengan membuka kantor di rumah pribadi dan telah memberangkatkan banyak rombongan. 

Atas tindak kejahatan yang terjadi, pemilik travel dikenakan pasal 372 378 penipuan dan penggelapan dengan ancaman penjara paling lama 4 tahun penjara. 

BACA JUGA: Viral Aksi Pria Menyerang Warkop di Bekasi Menggunakan Celurit, Polisi Kini Buru Pelaku

Sebelumnya ratusan orang tua siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bekasi merasa marah, usai anaknya batal berangkat ke Yogyakarta untuk study tour. 

Pembatalan keberangkatan para siswa, dilakukan secara sepihak oleh travel bernama Jogja Holiday Center yang sebelumnya sudah merubah tanggal berangkat.

BACA JUGA: Kembali Diterapkan, Sebanyak 868 Kendaraan Terekena Tilang Manual di Kota Bekasi Selama Mei 2023

Admin
Penulis
-->