Peringati Hari Lingkungan Hidup, Uji Emisi Kendaraan Gratis Dilakukan di Kota Bekasi

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Uji Emisi Kendaraan Gratis Dilakukan di Kota Bekasi

Petugas sedang melakukan uji emisi kendaraan di Kota Bekasi-Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar uji emisi kendaraan serentak di 9 titik wilayah Jabodetabek. 

Salah satu lokasi uji emisi yang dilakukan secara serentak tersebut, berada di Pintu Masuk Tribun Timur Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. 

Staff Direktorat Udara di kementerian Lingkungan Hidup, Heru Krisnanto mengatakan, uji emisi gratis di Kota Bekasi dilakukan gratis namun jumlah kendaraan dibatasi. 

BACA JUGA:Kehilangan 3 Laptop Hingga Logam Mulia 80 Gram, Begini Cerita Pemilik Rumah Bekasi Yang Disatroni 2 Maling

"Kalo untuk total dari 9 titik di Jabodetabek, ada 2.600 peserta. Tapi untuk daerah penyanggah, diberikan 75 kendaraan saja untuk uji emisi yang dilakukan secara serentak," kata Heru Krisnanto, Senin 5 Juni 2023. 

Menurutnya Uji emisi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, diperuntukkan bagi seluruh kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Para peserta yang akan mengikuti uji emisi gratis di Kota Bekasi ini, seluruhnya harus telah melakukan pendaftaran yang dilakukan secara online. 

BACA JUGA:Rumah di Bekasi Disatroni Maling, Diperkirakan Rugi Ratusan Juta Akibat Lupa Mengunci Pintu

"Pelaksanaanya dari 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, kegiatan ini kolaborasi antara kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, pemprov DKI Jakarta, dan 8 Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Jakarta," ungkapnya. 

Heru Krisnanto menjelaskan, uji emisi yang dilakukan di Kota Bekasi ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan emisi gas buang kendaraan. 

Salah satu pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas adalah, pemeriksaan Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan guna memastikan emisi gas buang aman. 

BACA JUGA:Diduga Ada Kritik dan Kekecewaan Masyarakat, Dibalik Running Text Plt Walikota Bekasi Bobrok

"Kalau tidak melakukan uji emisi atau perawatan, efek yang ditimbulkan adalah memburuknya kualistas udara di wilayah sekitar akibat pembuangan kendaraanyang perawatannya kurang baik," jelasnya. 

Jabodetabek dilakukan uji emisi terlebih dahulu dikarenakan, jumlah kendaraan yang digunakan oleh masyarakat sangatlah banyak dan Indeks Kualitas Udara. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: