Ternyata Ini Sosok PNS Pertama di Indonesia, NIP-nya Unik

Ternyata Ini Sosok PNS Pertama di Indonesia, NIP-nya Unik

Kartu PNS pertama Sri Sultan--

Ternyata Ini Sosok PNS Pertama di Indonesia, NIP-nya Unik -Saat ini total jumlah Pegawai Negeri Sipili atau PNS berjumlah 4,2 juta lebih di Indonesia. Jumlah ini terhitung pada Mei 2023. 

Hampir setiap tahun jumlah PNS terus bertambah seiring dengan dibukanya berbagai rekruitmen PNS di sejumlah instansi pemerintah. 

Namun tahun kah kamu, bahwa siapa sosok yang menjadi PNS pertama di Indonesia? Mungkin banyak orang yang belum tahu. 

Sosok yang menjadi PNS pertama di Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dia diberi nomor induk pegawai (NIP) 010000001.

Hal ini ketahui melalui unggahan akun Twitter @humas_jogja belum lama ini. Unggahan itu kemudian kembali viral pada 2023 ini.

 "Tahukah sedulur, bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001," tulis @humas_jogja saat HUT Korpri 48.

BACA JUGA:

Akun ini juga mengunggah kartu PNS yang memuat beberapa data Sri Sultan Hamengku Buwono seperti NIP, tanggal lahir dan tahun menjadi PNS.Dalam foto kartu keanggotaan ini tertulis Sri Sultan menjadi PNS sejak tahun 1940.

Dalam kartu PNS Sri Sultan Hamengku Buwono itu, ditandatangani oleh Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) A.E Manihuruk. 

Konon Manihuruk ini lah yang mengangkat dan melegalkan Sri Sultan menjadi seorang PNS.

Meski Sri Sultan tertulis sudah menjadi PNS sejak 1940, surat keanggotaan itu ditandatangani Manihuruk pada tahun 1974.

"Alm. A.E Manihuruk yang mengangkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai PNS pertama di Indonesia. Beliau merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang saat itu statusnya bukan PNS, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari pejuang, tentara atau politikus," tulis @humas_jogja.

BACA JUGA:

Sekilas Tentang Sri Sultan Hamengkubuwono IX 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: