Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat, Ini Maknanya

Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat, Ini Maknanya

Pohon Hayat Logo IKN Nusantara --

Logo IKN Nusantara Bertema Pohon Hayat, Ini Maknanya - Logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menggunakan desain dengan tema pohon hayat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan desain bertema pohon hayat terpilih sebagai logo IKN Nusantara.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi saat mengumumkan hasil sayembara logo IKN Nusantara  di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 30 Mei 2023.

Makna dari desain pohon hayat tersebut yaitu, lima akar di bagian bawah mewakili Pancasila, tujuh batang di bagian tengah mewakili tujuh pulau besar dalam wilayah Indonesia, serta bunga 17 kelopak di bagian atas mewakili tanggal kemerdekaan RI.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi berharap logo bertema pohon hayat tersebut akan menginspirasi IKN Nusantara untuk menciptakan tempat kehidupan baru sekaligus simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia pada masa depan.

Presiden juga menilai logo pohon hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

"Menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang besar, bangsa yang majemuk, dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, beserta ekosistemnya," kata Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa logo yang terpilih memperkuat ikhtiar usaha bersama untuk berkontribusi dalam percepatan pembangunan IKN Nusantara.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menjelaskan bahwa sayembara logo IKN Nusantara telah menarik submisi lebih dari 500 desainer yang kemudian disaring oleh tim kurator dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Tim kurator kemudian mengundang 10 desainer untuk mempresentasikan makna logo mereka yang selanjutnya dipilih lima oleh Presiden Jokowi untuk diputuskan melalui jajak pendapat warga.

Jajak pendapat warga dilakukan selama 4 April s.d. 20 Mei 2023 dan terkumpul sedikitnya 500.260 suara pemilih logo IKN Nusantara.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: