Pohon Hayat Jadi Logo IKN Nusantara, Ini Filosofi dan Maknanya

Pohon Hayat Jadi Logo IKN Nusantara, Ini Filosofi dan Maknanya

Pohon Hayat Logo IKN Nusantara --

Pohon Hayat Jadi Logo IKN, Ini Filosofi dan Maknanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan logo Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara). 

Desain tersebut bertema pohon hayat terpilih menjadi logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berdasarkan hasil sayembara.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi saat mengumumkan hasil sayembara logo IKN Nusantara, Selasa 30 Mei 2023.

Logo tersebut memiliki perincian berupa lima akar di bagian bawah mewakili Pancasila, tujuh batang di bagian tengah mewakili tujuh pulau besar dalam wilayah Indonesia, serta bunga 17 kelopak di bagian atas mewakili tanggal kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Pemerintah Anggarkan Rp2.044 Triliun untuk 5 Program Prioritas 2024, Ini Daftar Rinciannya

Presiden Jokowi berharap logo bertema pohon hayat tersebut akan menginspirasi IKN Nusantara untuk menciptakan tempat kehidupan baru sekaligus simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia pada masa depan.

Presiden juga menilai logo pohon hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

"Menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, bangsa yang besar, bangsa yang majemuk, dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam, lingkungan, beserta ekosistemnya," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa logo yang terpilih memperkuat ikhtiar usaha bersama untuk berkontribusi dalam percepatan pembangunan IKN Nusantara.

BACA JUGA:ASN Dinkes DKI Pamer Gaji, Inspektorat DKI Bakal Korrdinasi ke KPK

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menjelaskan bahwa sayembara logo IKN Nusantara telah menarik submisi lebih dari 500 desainer yang kemudian disaring oleh tim kurator dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Tim kurator kemudian mengundang 10 desainer untuk mempresentasikan makna logo mereka yang selanjutnya dipilih lima oleh Presiden Jokowi untuk diputuskan melalui jajak pendapat warga.

Jajak pendapat warga dilakukan selama 4 April s.d. 20 Mei 2023 dan terkumpul sedikitnya 500.260 suara pemilih logo IKN Nusantara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: