Bangun Dayak Center di IKN Nusantara, Pengamat Apresiasi Jokowi Akomodir Kearifan Lokal

Bangun Dayak Center di IKN Nusantara, Pengamat Apresiasi Jokowi Akomodir Kearifan Lokal

Jokowi disambut ribuan suku dayak di Kalimantan. (Instagram.com) --

JAKARTA, FIN.CO.ID- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disebut akan segera menentukan lokasi untuk pembangunan Dayak Center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal ini dilakukan atas permintaan Suku Dayak sekaligus ungkapan terima kasih Jokowi kepada suku Dayak yang telah mendukung penuh pembangunan ibu kota baru.

Pengamat Kebijakan Publik Sugiyanto mengapresiasi langkah Presiden Jokowi melibatkan masyarakat lokal dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

BACA JUGA:Besaran UMP Kalimantan Timur dan UMK IKN Nusantara 2023 Bakal Naik 4.45 Persen

“Jadi semua ketentuan itu berdasarkan Undang-Undang Administrasi Pemerintahan, Undang-Undang lainnya itu masyarakat penting dilibatkan kearifan lokalnya, adat istiadatnya itu hal yang utama. Jadi pada prinsipnya itu, masyarakat lokal tidak bisa diabaikan itu rumus dasarnya juga begitu,” ujar Sugiyanto, Rabu 30 November 2022.

Menurut Sugiyanto, dengan Kawasan IKN yang luas itu, pemerintah bisa memasukkan kepentingan budaya lokal atau kearifan lokal seperti pembangunan Dayak Center yang akan di carikan lokasinya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA:Pengakuan Jokowi Usulkan Yudo Margono Calon Panglima TNI

“Kan untuk membangun kawasan yang besar itu ada planingnya, ada semuanya kan perencanaannya seperti apa nah dari situ kemudian bisa mengakomodir kepentingan-kepentingan lokal tadi,” ucapnya.

Pembangunan IKN, kata Sugiyanto tetap harus memperhatikan keinginan masyarakat setempat lalu mengakomodir dalam sebuah pembangunan yang terintegrasi.

“Karena itu adanya di perencanaan sepanjang itu tidak mengganggu perencanaan tadi kearifan lokal itu bisa saja masuk di tengah-tengah atau masuk di dalam proses pelaksanaan bisa saja tetapi semua itu berujung pada perencanaan awal tadi biasanya ada planingnya, terintegrasi begitu ya,” ucapnya.

BACA JUGA:Tak Hanya Suku Dayak, Majelis Adat Sunda Ikut Kecam Edy Mulyadi Gegara Pakai Atribut Kepala: Kami Ikut Marah

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan dukungan masyarakat Dayak sangat dibutuhkan untuk pembangunan IKN.

Presiden menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan masyarakat Kalimantan khususnya dari Suku Dayak yang telah diberikan.

“Pertama-tama, izinkan saya dalam kesempatan yang baik ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan masyarakat Kalimantan, utamanya dari suku Dayak terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan,” ucap Presiden Jokowi.

Sumber: