KPK Segera Periksa Brigita Manohara soal Kasus Korupsi di Kabupaten Mamberamo Tengah

KPK Segera Periksa Brigita Manohara soal Kasus Korupsi  di Kabupaten Mamberamo Tengah

Presenter TV Brigita Manohara usai diperiksa KPK sebagai saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah, Papua, Senin, 25 Juli 2022.-Istimewa-

KPK Segera Periksa Brigita Manohara soal Kasus Korupsi  di Kabupaten Mamberamo Tengah

Presenter televisi Brigita Manohara bakal dipanggil KPK dalam kasus dugaan korupsi Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak. 

Dipanggilnya Brigita Manohara oleh KPK ini sebagai saksi perkara korupsi Ricky Ham Pagawak (RHP).

Brigita Manohara awalnya dijawalkan akan diperiksa KPK pada Rabu 24 Mei 2023. Tapi Brigita Manohara tidak hadir sehingga penyidik menjadwalkan ulang pemeriksaan.

"Saksi Brigita P. Manohara tidak hadir pada jadwal pemeriksaan pada hari Rabu dan konfirmasi pada tim penyidik untuk dijadwal ulang pekan depan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis 25 Mei 2023. 

BACA JUGA:KPK Kembali Periksa Brigita Manohara Jadi Saksi Kasus Bupati Mamberamo Tengah

Hanya saja, Ali Fikri belum memastikan kapan Brigita Manohara akan menjalani pemeriksaan di KPK.

KPK juga mengingatkan Brigita Manohara untuk kooperatif hadir memenuhi panggilan KPK sesuai dengan komitmen yang disampaikan.

Penyidik lembaga antirasuah telah menetapkan Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak (RHP) sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait dengan proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mamberamo Tengah.

Setelah melakukan pengembangan kasus, KPK lantas menetapkan kembali Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

BACA JUGA:Terima Rp480 Juta, Brigita Manohara Kembalikan Uang dari Bupati Mamberamo Tengah ke KPK

Tim penyidik KPK kemudian menyita aset RHP yang bernilai sekitar Rp30 miliar, yang diduga terkait dengan penyidikan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Penyidik KPK lantas mengonfirmasi terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang dari tersangka RHP kepada beberapa pihak, satu di antaranya adalah saksi Brigita Manohara.

Brigita mengaku telah mengembalikan seluruh uang yang ada dugaan berasal dari tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: