Ketua DPD NasDem Sawer Uang Saat Daftar Caleg, Istri Bupati Garut: Maaf, Itu Spontanitas Kami

Ketua DPD NasDem Sawer Uang Saat Daftar Caleg, Istri Bupati Garut: Maaf, Itu Spontanitas Kami

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Garut Diah Kurniasari membagi-bagikan uang sambil naik dodombaan usai mendaftarkan bakal calon legislatif di Kantor KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023). -(ANTARA/Feri Purnama)-

Ketua DPD NasDem Sawer Uang Saat Daftar Caleg, Istri Bupati Garut: Maaf, Itu Spontanitas Kami - Ketua DPD NasDem, Diah Kurniasari mengatakan tindakannya saat menyebar uang (sawer) saat mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) DPRD di KPU Garut merupakan aksi spontanitas.

Wanita yang juga sebagai istri Bupati Garut Rudy Gunawan ini pun kemudian meminta maaf atas tindakannya.

"Kami mohon maaf, kami tidak ada maksud, tetapi kejadian itu adalah spontanitas kami," katanya di Kantor Bawaslu Garut, Jawa Barat, Senin, 22 Mei 2023.

Dia pun memohon maaf kepada masyarakat serta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat dengan adanya kegiatan menyebar uang tersebut.

BACA JUGA:

Dia mengaku secara spontan melakukan hal itu karena diminta naik kesenian dodombaan yang dibawa para pendukungnya saat pendaftaran bakal caleg di Kantor KPU Garut. 

Diah menegaskan tidak melakukan hal itu dengan sengaja di lingkungan Kantor KPU Garut.

"Spontanitas ngambil uang dari dompet, karena pikiran saya gitu, ya, (menyawer) kalau di tradisi seni dodombaan itu," katanya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Garut Ahmad Nurul Syahid mengatakan meskipun ada permohonan maaf secara langsung dari bakal caleg bersangkutan, pihaknya tetap memproses perkara dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

"Meski ada permohonan maaf, tetap saja kami proses biar jelas. Nanti putusannya dilakukan pleno dulu," ujar Ahmad.

Diah melakukan aksi menyawer itu bersama bakal caleg DPRD Kabupaten Garut dari partai serupa, yakni Suherman, yang merupakan mantan pejabat birokrat Pemerintah Kabupaten Garut.

Mereka naik dodombaan sambil melemparkan uang di Kantor KPU Garut, Jawa Barat, Kamis (11/5).

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: