Jadi Incaran Investor Global, Bagaimana Pergerakan Saham GOTO Hari ini?

Jadi Incaran Investor Global, Bagaimana Pergerakan Saham GOTO Hari ini?

Ilustrasi - Saham GOTO diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia-GOTO-GOTO

Saham GOTO Hari Ini - Pergerakan saham GOTO hari ini cukup positif. Menjelang penutupan perdagangan sesi 1 hari ini, Selasa 23 Mei 2023 pukul 11.00 WIB, saham PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk menguat 0,80 Persen ke level 115 per saham. 

Memang jika dibandingkan penutupan pekan lalu, Jumat 19 mei 2023, saham GOTO hari ini stagnan. Karena pada Jumat pekan lalu, harga saham GOTO memang ditutup di angka 115 per saham. 

Namun bila dibandingkan dengan harga terendah pada Desember 2022 lalu sekitar Rp82/saham, pergerakan harga saham GOTO beberapa hari ini terbilang sudah mulai membaik karena mulai terlihat adanya pembalikan arah naik.

Penguatan harga saham GOTO sejak awal tahun atau secara year-to-date tercatat sebesar 26,37 persen dengan kapitalisasi pasar nya mencapai Rp136,20 triliun.

BACA JUGA:

penyebab kenaikan saham GOTO tersebut yaitu akumulasi kepemilikan saham GOTO oleh investor global yang dilakukan sejak awal tahun. 

Beberapa investor global seperti Vanguard Group Inc yang diketahui telah mengakumulasi GOTO sejak Maret lalu hingga akhir perdagangan pekan lalu, dari kepemilikan saham sebesar 25,89 miliar lembar menjadi 26,02 miliar lembar saham.

Kemudian ada juga JP Morgan Chase & Co, telah menambah kepemilikan saham atas GOTO sejak Februari lalu sebesar 26,60 juta secara bulanan menjadi 39,89 juta. Namun, pada bulan selanjutnya investor kakap ini melepaskan kepemilikannya sebagian menjadi 32,97 juta.

Meski demikian, pada April hingga Mei kepemilikannya terus bertambah, tercatat hingga akhir perdagangan pekan lalu, JP Morgan memiliki 1,40 miliar lembar saham GOTO.

BACA JUGA:

Investor lainnya yang tercatat paling rajin menambah kepemilikan sejak awal tahun hingga akhir perdagangan Jumat lalu, ada State Street Corp dan BlackRock Inc.

Tercatat kepemilikan saham GOTO oleh Street Corp pada Januari lalu sebesar 299,57 juta lembar, meningkat menjadi 329,17 juta lembar pada akhir pekan lalu. Sedangkan, untuk Blackrock tercatat kepemilikannya meningkat sebesar 45,76 juta lembar menjadi 211,52 juta.

Faktor tersebut yang kemudian diyakini menjadi sentimen positif hingga mengangkat kinerja saham GOTO. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: