Raih Emas di SEA Games 2023, PERBASI Janji Kembangkan Ekosistem Basket Indonesia

Raih Emas di SEA Games 2023, PERBASI Janji Kembangkan Ekosistem Basket Indonesia

Timnas Basket Putri Indonesia peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja-Perbasi-Perbasi

Raih Emas di SEA Games 2023, PERBASI Janji Kembangkan Ekosistem Basket Indonesia - Cabang olahraga bolabasket sukses menjaga tradisi emas di SEA Games. 

Setelah tahun lalu di Hanoi Timnas Putra bawa pulang medali emas, tahun ini di Kamboja, giliran Timnas Putri mencetak sejarah setelah sukses bawa pulang medali emas dari 5on5.

Medali emas untuk tim nasional putri 5on5 ini didapat usai melibas semua lawan di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2. 

Mulai dari mengalahkan Vietnam 67-62, melibas Thailand 69- 70, menaklukkan Malaysia 85-57. 

BACA JUGA:

Selanjutnya menghancurkan Filipina 68-89, menghajar Kamboja 100-54, dan terakhir menumbangkan Singapura 39-86.

“Tahun ini kita mendapat medali emas dari Timnas Putri. Tahun lalu, kita juga mendapat satu medali emas dari Timnas Putra. Kami optimis raihan medali emas akan menjadi tradisi di tahun-tahun mendatang. Kami juga mengapresiasi prestasi tim nasional putri 3x3 yang berhasil meraih perunggu serta kerja keras timnas putra baik 5on5 maupun 3x3,” terang Ketum PP PERBASI Danny Kosasih dalam konferensi pers di Spark Senayan, Jumat, 19 Mei 2023.

Hadir dalam konferensi pers itu selain Ketum PP PERBASI Danny Kosasih juga ada Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi. Kemudian Penanggung Jawab sekaligus manajer Timnas Putri 5on5 dan 3X3 Christopher Tanuwidjaja, Manajer Timnas Putra 5on5 Jeremy Immanuel Santoso, Manajer Timnas putra 3x3 Wijaya Saputra dan para pemain tim nasional beserta para perwakilan sponsor.

“Ini capaian yang luar biasa. Tinta emas ini semakin memacu kami untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya. Menyiapkan timnas yang lebih kuat serta sistem pembinaan yang solid tidak hanya di cabang 5on5 maupun juga 3x3. Oleh karena itu, sebagai langkah awal pembenahan ke depan, pada kesempatan kali ini juga PP PERBASI menandatangani MoU dengan Basket ID untuk mengembangkan liga dan database bolabasket 3x3,” ucap Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

BACA JUGA:

Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja sangat senang dengan sejarah ini. 

Medali emas yang diraih Timnas Putri adalah kali pertama sejak SEA Games digelar 1959 di Thailand.

“64 tahun kita menunggu emas untuk basket putri sejak SEA Games pertama kali pada 1959 di Thailand. Saya takjub dengan perjuangan teman-teman di lapangan. Saya hanya siapkan mereka, kerja keras mereka apa yang mereka lakukan selama latihan sejak bulan Agustus tahun lalu sampai saat ini tidak berhenti. Itu semua terbayarkan,” terang penanggung jawab Timnas Putri sekaligus Manajer Christopher Tanuwidjaja.

Salah satu pemain Timnas Basket Putri Agustina Gretong mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan medali emas. Ini penantian panjang bolabasket putri. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: