HOAKS! Ribuan TNI Resmi Deklarasikan Anies Presiden 2024

HOAKS! Ribuan TNI Resmi Deklarasikan Anies Presiden 2024

Anies gemar pamer foto baca buku-Instagram-

HOAKS! Ribuan TNI Resmi Deklarasikan Anies Presiden 2024

Viral video yang menyebutkan jika TNI dukung Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Pusat Penerangan TNI akhirnya angkat bicara soal video viral yang menyebut jika TNI mendukung Anies.

Pusat Penerangan TNI mengumumkan, video unggahan akun YouTube "Menara Istana" adalah kabar bohong atau hoaks.

VIdeo tersebut diketahui mencatut potongan-potongan video prajurit TNI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Anies Baswedan.

BACA JUGA:Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar di Atas Angin, Prabowo ke-2 dan Anies Posisi Tiga

Dalam video berdurasi 8 menit 3 detik itu beberapa potongan video prajurit TNI dan Panglima TNI diedit menjadi latar narasi yang mendukung Anies Baswedan maju sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Pusat Penerangan TNI Kolonel Sus Aidil menegaskan, bahwa TNI netral dan tidak mendukung calon/kandidat mana pun dalam pemilihan umum (Pemilu).

Sehingga isi video itu yang menunjukkan seolah-olah TNI mendukung salah satu bakal calon presiden merupakan kabar bohong.

Beberapa poin klarifikasi dari Puspen TNI terhadap isi video itu, yaitu Puspen TNI memastikan video "di pimpin langsung Panglima Yudo Margono!! ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024" adalah tidak benar atau hoaks.

BACA JUGA:Ganjar Tertinggal, Prabowo dan Anies Lebih Dikenal di Masyarakat Lapisan Bawah

Judul video itu per Kamis diubah menjadi "dukungan untuk anies membeludak", tetapi potongan-potongan video prajurit TNI dan Laksamana Yudo masih digunakan sebagai latar narasi.

"Video tersebut menggabungkan tiga peristiwa di tempat dan waktu yang berbeda, yaitu kegiatan Laksamana Yudo Margono beserta prajurit TNI Angkatan Laut dari Korps Marinir di JICT Tanjung Priok, video prajurit TNI Angkatan Darat, serta video kegiatan Anies Baswedan di Kopassus," kata Kolonel Aidil sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Puspen TNI.

Tiga kegiatan itu, yaitu aktivitas olahraga Anies Baswedan bersama Kopassus berlangsung pada tanggal 9 November 2019 saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: