Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Belum Siap Terapkan PPDB Online

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Belum Siap Terapkan PPDB Online

Suasana SMAN 1 Baleendah, Bandung terhadap pengumuman PPDB Jabar 2022.-disdik.jabarprov.go.id-

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Belum Siap Terapkan PPDB Online

Pendaftaran PPDB 2023 jenjang SD SMP di Kabupaten Tangerang masih dilakukan secara offline atau dengan menyerahkan berkas langsung ke sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Fahrudin mengatakan, pendaftaran PPDB tahun 2023/2024 jalur afirmasi, perpindahan pekerjaan orang tua, zonasi, dan prestasi masih dilakukan secara offline.

"Pendaftaran (PPDB) dilakukan secara luring (Offline) peserta didik atau orang tua langsung ke sekolah," terangnya, Rabu 17 Mei 2023. 

Dia mengungkapkan, sebenarnya dinas pendidikan berupaya agar pendaftaran PPDB dapat dilakukan secara online. 

BACA JUGA:Tri Adhianto Siap Hadiri Pemanggilan DPC PDI Perjuangan Jawa Barat Guna Memberikan Klarifikasi

Namun, karena insfratruktur jaringan hingga tenaga ITI nya belum memadai dinas pendidikan Kabupaten Tangerang belum siap menerapkan penerimaan PPDB secara online. 

"Ssbenarnya kita berupaya agar PPDB dilakukan secara online terpusat di disdik. Tapi karena  insfratruktur dan SDM nya (belum memadai) kita belum siap," ujarnya.  

"Walaupun misalnya bisa melalui Diskominfo tapi memang ini prosesnya agak lama karena harus melalui uji coba, tryng error dan sebagainya," sambungnya.  

Kendati begitu, dia melanjutkan, Dindik Kabupaten Tangerang masih menggunakan semi daring dalam proses pendaftaran PPDB. 

BACA JUGA:KPK Tahan Mantan Direktur PT Amarta Karya Catur Prabowo Terkait Korupsi Proyek Fiktif

Semi daring yang dimaksud yakni ada beberapa sekolah di Kabupaten Tangerang yang menerapkan pendaftaran PPDB secara online melalui website sekolah. 

"Sejak tahun 2020 ada yang sudah online PPDB dilakukan via website sekolah tapi tidak terpusat di disdik," tuturnya.

Dia menyebutkan saat ini ada 758 SD, 92 SMP negeri, dan 276 SMP swasta di Kabupaten Tangerang. Namun yang sudah memiliki website sekolah masih terbilang sedikit. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: